Penerapan bimbingan kelompok teknik self management untuk mereduksi dampak negatif penggunaan sosial media pada siswa kelas xi mipa 7 di sma negeri 1 jakenan

Sari, Indah Yuni Puspita (2020) Penerapan bimbingan kelompok teknik self management untuk mereduksi dampak negatif penggunaan sosial media pada siswa kelas xi mipa 7 di sma negeri 1 jakenan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN SAMPUL.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Dampak negatif penggunaan sosial media merupakan akibat buruk yang ditimbulkan karena menggunakan sosial media dengan tidak sewajarnya. Untuk mereduksi dampak negatif penggunaan sosial media, maka peneliti berupaya menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Dengan melakukan layanan bimbingan kelompok teknik self management, siswa akan dapat mengelola dirinya sehingga mereka dapat mengatur dirinya dalam mengendalikan perilaku yang akan dilakukannya. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi dampak negatif penggunaan sosial media pada siswa kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Jakenan., 2. Memperoleh penurunan dampak negatif penggunaan sosial media melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Jakenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek yang diteliti adalah delapan siswa kelas XI MIPA 7 yang terpengaruh dampak negatif penggunaan sosial media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah siswa terpengaruh dampak negatif dalam penggunaan sosial media pada pra siklus dengan rata-rata 9 persentase 45% berkategori Sering, Siklus I rata-rata 15 persentase 75% kategori Kadang-kadang dan pada Siklus II rata-rata 18 persentas 90% kategori Tidak Pernah. Simpulan dari penelitian adalah dampak negatif dalam penggunaan sosial media dapat direduksi setelah penerapan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa XI MIPA 7 SMA N 1 Jakenan yang dibuktikan dengan penilaian kolaborator terhadap peneliti di siklus I yaitu 82 persentase 82% kategori Baik dan pada siklus II 96 persentase 96% dengan kategori Sangat Baik. Jadi, layanan bimbingan kelompok teknik self management yang dilaksanakan oleh peneliti dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 14%. Disarankan kepada: 1. Siswa memiliki perilaku untuk menggunakan sosial media dengan baik, yaitu dengan menggunakannya secara wajar. 2. Guru BK dapat melakukan kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mereduksi dampak negatif penggunaan sosial media yang ditujukan bukan hanya di kelas XI MIPA 7 saja tapi juga untuk siswa di kelas lain. 3. Kepala Sekolah diharapkan memberikan sarana dan prasarana yang bisa mendukung segala kegiatan bimbingan dan konseling agar dapat membantu siswa yang sedang bermasalah dengan baik dan mampu memandirikan siswa. 3. Peneliti dapat meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok agar lebih baik ke depannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Drs. masturi, M.M.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Dampak Negatif Penggunaan sosial Media
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:20
Last Modified: 05 Jan 2021 05:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13067

Actions (login required)

View Item View Item