Mereduksi disfungsional prokrastinasi akademik Melalui layanan konseling kelompok Dengan teknik behavior contract Pada siswa sman 1 jakenan

Sukma, Arinda Pratiwi (2020) Mereduksi disfungsional prokrastinasi akademik Melalui layanan konseling kelompok Dengan teknik behavior contract Pada siswa sman 1 jakenan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Disfungsional prokrastinasi akademik adalah sebuah perilaku penundaan yang dilakukan dengan sengaja dan terjadi secara berulang-ulang dengan melakukan aktivitas lain yang tidak berarti dalam proses mengerjakan tugas. Layanan konseling kelompok adalah layanan yang diberikan kepada beberapa individu dengan membentuk dinamika kelompok melalui kegiatan kelompok agar tercapai perkembangan yang optimal. Teknik behavior contract adalah kesepakatan antara konselor dengan klien yang bertujuan menampilkan perilaku yang diinginkan dengan menggunakan kontrak antara konselor dan konseli. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam mereduksi disfungsional prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jakenan, 2. Mereduksi perilaku disfungsional prokrastinasi akademik setelah mendapatkan layanan konseling kelompok teknik behavior contract pada siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jakenan. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan subyek 8 siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jakenan yang memiliki masalah disfungsional prokrastinasi akademik. Jenis penelitian yang digunaka adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jakenan, sebanyak 8 siswa yang mempunyai perilaku disfungsional prokrastinasi akademik. Hasil penelitian diketahui perilaku disfungsional prokrastinasi akademik siswa pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 16 dengan kategori sangat tinggi (ST), sedangkan hasil siklus I memperoleh skor rata-rata 28 dengan kategori cukup (C), pada siklus II memperoleh skor rata-rata 42 dengan kategori skor sangat baik (SB). Simpulan hasil penelitian ini dapat direduksi pada disfungsional prokrastinasi akademik setelah diberi layanan konseling kelompok teknik behavior contract siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Jakenan diterima, hal ini terbukti setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract sikus I diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 80 dengan kategori baik, dan siklus II diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Jadi kegiatan layanan konseling kelompok teknik behavior contract yang dilakukan peneliti meningkat sebanyak 8 skor dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk mreduksi disfungsional, disarankan kepada: 1. Bagi siswa agar secara sadar mengetahui pentingnya memilik perilaku yang disiplin kaitannya dengan tugas akademik, dengan tidak melakukan disfungsional prokrastinasi akademik, 2. Bagi guru bimbigan/konselor dapat melaksanakan layanan konseling kelompok teknik behavior contract lanjutan untuk mereduksi disfungsional prokrastinasi akademik tidak hanya untuk siswa kelas XI MIPA 2 saja, namun juga siswa kelas lainnya baik X dan XII, 3. Bagi kepala sekolah, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan/pedoman dalam melakukan konseling yang dapat mendukung pelaksanaan BK di sekolah. 4. Bagi peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan dan menlajutkan penelitian layanan konseling teknik behavior contract untuk mereduksi disfungsional prokrastinasi akademik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Drs. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Disfungsional Prokrastinasi Akademik, Layanan Konseling Kelompok Teknik Behavior Contract.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:30
Last Modified: 05 Jan 2021 05:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item