NI’MAH, AINUN (2020) Peningkatan hasil belajar melalui model talking stick berbantuan media kartu bergambar pada tema 4 berbagai pekerjaan siswa kelas iv sd 1 gribig. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (525kB) | Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (132kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking Stick berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gribig Model talking Stickyaitu modelpembelejaran kooperatif dengan bantuan stick.siswa yang memegang stick saat lagu berhenti wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya. Media kartu bergambar merupakan media visual yang diaplikasikan menjadi sebuah kartu yang didalamnya berisi pertanyaan-pertanyaan. Media kartu bergambar memiliki fungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber informasi ke penerima pesan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Gribig yang berjumah 39 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu: tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitataif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai muatan Bahasa Indonesia pada saat prasiklus yaitu sebesar 60,7 dengan presentase 21%. Siklus 1 nilai rata-rata sebesar 79,7 dengan presentase 77%. Sedangakan siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,3 dengan prsentase 92%. pada muatan PPKN saat prasiklus mendapat nilai rata-rata 64 dengan presentase 23%. Siklus 1 nilai rata-rata menjadi 78,5 dengan presentase 82%. Pada siklus II nilai rata-rata 81,7 dengan presentase 92%. Diketahui juga pada ranah afektif saat Prasiklus memperoleh 61,5% Dengan kategori “Cukup bimbingan”. siklus I memperoleh total presentase rata-rata yaitu 80% dengan kategori “Baik”. Pada saat siklus II memperoleh total presentase rata-rata sebesar 90% dengan kategori “Baik”. Pada ranah psikomotorik saat prasiklus memeperoleh 56,4% dengan kriteria “Perlu Bimbingan”. Siklus I memeperoleh total presentase rata-rata 81% dengan kategori “Baik”. Siklus II memeperoleh total presentase rata-rata 89,3% dengan kategori “Baik”. Keterampilan guru dalam mengajar mengalami peningkatan. siklus I total rata-rata yang dipeoleh yaitu sebesesar 88,25% dengan kriteria “Baik” sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan total rata-rata sebesar 91,25% dengan kriteria “Baik”. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Talking Stick berbantuan media kartu bergambar dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. 469 Halaman. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Talking Stick, Berbantuan Media kartu bergambar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 05:26 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 05:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13069 |
Actions (login required)
View Item |