Penerapan layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan Kepekaan sosial pada siswa kelas vii f di Smp n 5 kudus tahun pelajaran 2019/2020

Bakti, Wella Pratiwi (2020) Penerapan layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan Kepekaan sosial pada siswa kelas vii f di Smp n 5 kudus tahun pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepekaan sosial pada siswa kelas VII B di SMP N 5 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020, 2. Memperoleh peningkatan kepekaan sosial sesudah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan kepekaan sosial pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 5 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Mengetahui efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Experiential Learning pada siswa kelas VII B di SMP N 5 Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam rangka pemberian bantuan yang dilakukan secara berkelompok untuk mencegah timbulnya masalah dalam pengembangan pribadi seseorang. Tahapan dalam experiential learning meliputi tahap pengalaman konkrit atau nyata, tahap pengalaman aktif dan reflektif, tahap konseptualisasi, tahap eksperimentasi aktif. Kepekaan sosial adalah sebuah tindakan dari seorang individu yang berasal dari dalam dirinya untuk ikut merasakan dan mudah terangsang atas setiap kejadian yang terjadi di sekelilingnya, baik itu tentang peristiwa menyedihkan atau peristiwa menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VII F sebanyak 9 peserta didik yang mempunyai perilaku kepekaan sosial yang rendah. Hasil penelitian diketahui kepekaan sosial siswa pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 13,44 dengan kategori Sangat Kurang (SK), sedangkan hasil siklus I memperoleh skor rata-rata 22,26 dengan kategori Kurang, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 36,40 dengan kategori Baik. Simpulan hasil penelitian ini terjadi peningkatan kepekaan sosial setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning pada siswa kelas VII F SMP N 5 Kudus dapat diterima, hal ini terbukti setelah pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Experiential Learning mendapatkan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti yang dilaksanakan pada saat peneliti melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning, hasil yang diperoleh peneliti sebagai berikut: siklus I pertemuan pertama 31% (SK), pertemuan kedua 36% (K), pertemuan ketiga 52% (C). Siklus II pertemuan pertama 57% (C), pertemuan kedua 73% (B), pertemuan ketiga 86% (SB). Kepekaan sosial siswa pada pra siklus skor rata-rata siswa 13,44 persentase 27% kategori Sangat Kurang. Pada siklus I skor rata-rata siswa 21,22 persentase 53% kategori Cukup. Pada siklus II skor rata-rata siswa 41,44 persentase 83% kategori Sangat Baik. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 56% dari pra siklus ke siklus II. Disarankan kepada: 1. Peserta didik secara sadar mengetahui pentingnya memiliki kepekaan sosial dengan baik, terutamanya dengan saling memperdulikan dan tidak mengacuhkan temannya. 2. Guru Bimbingan dan Konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa tidak hanya untuk peserta didik kelas VII F saja tetapi untuk peserta didik kelas lainnya, agar semua peserta didik memiliki kemampuan kepekaan sosial yang baik terhadap orang lain. 3. Guru Mata Pelajaran diharapkan dapat digunakan untuk memberikan arahan atau teguran kepada peserta didik yang memiliki kepekaan sosial kurang. 4. Peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau referensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan kepekaan sosial. 5. Kepala sekolah dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan bimbingan dan konseling agar konselor atau guru BK dapat membantu peserta didik yang bermasalah dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd., Kons.
Kata Kunci: Kepekaan Sosial, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Experiential Learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:40
Last Modified: 05 Jan 2021 05:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item