Penerapan model think talk write berbantuan media papan tempel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Iv tema 8 daerah tempat tinggalku Di sdn widorokandang pati

FITRI, QUBAILIL (2020) Penerapan model think talk write berbantuan media papan tempel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Iv tema 8 daerah tempat tinggalku Di sdn widorokandang pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru melalui model Think Talk Write berbantuan Papan Tempel Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Widorokandang Pati. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian yaitu di kelas IV SDN Widorokandang Pati dengan subjek penelitian 20 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklusterdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Think Talk Write berbantuan Papan Tempel. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar tema 8 daerah tempat tinggalku. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 73,65% (Baik) dan pada siklus II 87,45% (Sangat Baik). Hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn kelas IV SDN Widorokandang Pati dengan persentase siswa siklus I dengan persentase 80% (Baik). siklus II meningkat dengan 90% (Sangat Baik). Hasil Aktivitas Belajar siswa pada siklus I 79,5% meningkat pada siklus II yaitu 84%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SDN Widorokandang Pati, dapat disimpulkan bahwapenerapan model Think Talk Write berbantuan papan tempel dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Talk Write, Papan Tempel, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:59
Last Modified: 05 Jan 2021 05:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item