Meningkatkan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok Teknik sosiodrama pada siswa kelas xi ipa 1 Ma nu muallimat kudus

Unsa, Awwalia (2020) Meningkatkan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok Teknik sosiodrama pada siswa kelas xi ipa 1 Ma nu muallimat kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penyusunan penelitian sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI IPA 1 MA NU Muallimat Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2. Mendeskripsikan peningkatan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI IPA 1 MA NU Muallimat Kudus setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal merupakan kondisi siswa yang dapat menempatkan emosi (perasaan) pada saat yang tepat dalam berkomunikasi. Di mana siswa dapat menyesuaikan kondisi emosi diri dengan kondisi perasaan orang lain saat berkomunikasi, dapat memberikan respon empati, menyesuaikan komentar sesuai dengan topik pembicaraan, tidak menghardik, dan memberikan respon nonverbal dengan baik. Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang diberikan oleh peneliti kepada siswa kelas XI IPA 1 MA NU Muallimat Kudus untuk dapat saling menghargai pendapat sesama peserta kelompok, memberikan respon yang bertanggung jawab dan sebagai media untuk berlatih kepekaan sosial dalam komunikasi interpersonal. Rancanan penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian merupakan tujuh siswa dari kelas kelas XI IPA 1 MA NU Muallimat Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif dengan diperkuat dengan data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil peneliti diperoleh: pra siklus siswa memperoleh skor rata-rata 83 kategori (Kurang). Siklus I pertemuan pertama siswa memperoleh skor rerata 97 kategori (Kurang), pertemuan kedua 110 kategori (Cukup), pertemuan ketiga 120 kategori (Cukup). Siklus II dari pertemuan pertama hingga ketiga secara keseluhan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal meningkat. Secara berurutan peningkatan tersebut diuraikan sebagai berikut. 133 kategori (Cukup), 142 kategori (Baik), 151 kategori (Baik). Kesimpulan: 1. Penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mampu meningkatkan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPA 1 MA NU Muallimat Kudus. Peneliti sebagai pemberi layanan di siklus I memperoleh skor 46 kategori (Kurang), pada siklus II meningkat menjadi 73 kategori (Baik). 2. Kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPA 1 MA NU Muallimat Kudus mengalami peningkatan. Pra siklus diketahui siswa memperoleh skor 83 kategori (Kurang). Siklus I memperoleh skor 120 kategori (Cukup), siklus II memperoleh skor 151 kategori (Baik). Saran: 1. Siswa hendaknya mempertahankan kecerdasan emosional dalam komunikasi interpersonal setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dari peneliti. 2. Guru bimbingan dan konseling hendaknya mengaplikasikan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam mengatasi berbagai permasalahan siswa dalam kaitannya dengan komunikasi interpersonal dan permasalahan lain yang dialami oleh beberapa siswa. 3. Kepala sekolah hendaknya memperhatikan peran guru bimbingan dan konseling dalam upayanya mengatasi hambatan yang dialami oleh siswa, serta mengembangkan potensi siswa di MA NU Muallimat Kudus. 4. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan jenis media dan teknik dalam bimbingan dan konseling yang variatif dalam bimbingan kelompok, tentunya dengan memperhatikan permasalahan yang diangkat dalam penelitian di kemudian hari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M. Pd., Kons. Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dalam Komunikasi Interpersonal. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:57
Last Modified: 05 Jan 2021 05:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item