Kurniawati, Dina Wahyu (2020) Improving students’ speaking skill by using Snowball throwing technique. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
Hal. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (338kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Berbicara merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting sebagai sarana berkomunikasi dengan orang lain untuk memberikan dan mendapatkan informasi. Namun faktanya, kemampuan berbicara para siswa kelas XI IPS 5 SMA NU Al-Ma’ruf Kudus tahun ajaran 2019/2020 dapat dikatakan masih belum cukup. Para siswa belum mampu mencapai kriteria skor minimum (KKM) mata pelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, banyak siswa yang tidak aktif di dalam kelas. Hal itu dapat terlihat saat para siswa sedang menjalankan kegiatan belajar mengajar bersama guru di kelas, banyak dari mereka yang diam saja. Oleh karena itu, peneliti menggunakan tehnik lempar bola salju sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan berbicara para siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tehnik lempar bola salju dapat meningkatkan kemampuan berbicara para siswa. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua jenis instrumen yakni lembar observasi dan tes pencapaian. Penelitian ini tergolong dalam penelitian tindakan kelas secara kolaboratif yang diadakan di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus, yang mana subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPS 5 tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 38 siswa. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini, penggunaan tehnik lempar bola salju membuat siswa lebih aktif di dalam kelas. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes pencapaian siswa. Pada siklus pertama, banyak kriteria skor minimum siswa yang masih dibawah nilai rata-rata (75). Nilai rata-rata yang mereka dapatkan hanya 62,3. Namun, pada siklus kedua nilai rata-rata yang mereka dapatkan meningkat menjadi 82, 2. Hal itu dapat terlihat ketika siswa berada di dalam kelas begitu menikmati pelajaran, mereka menjadi lebih antusias, tak ada lagi siswa yang malu untuk berbicara, guru juga dapat mengatur kelas dengan baik, dan tidak ada lagi siswa yang pergi keluar dari kelas dengan seenaknya sendiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan tehnik lempar bola salju dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Pada akhirnya, peneliti dapat memberikan beberapa saran yakni: untuk para guru, sebaiknya dapat menggunakan variasi media pembelajaran atau tehnik-tehnik untuk menarik minat siswa dalam belajar. Untuk para siswa, hendaknya memperhatikan dengan seksama ketika guru sedang menjelaskan materi di dalam kelas. Dan untuk para peneliti yang selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi yang kalian butuhkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Nuraeningsih, S. Pd., M. Pd. Rusiana, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Berbicara, Tehnik Lempar Bola Salju |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:05 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 04:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13075 |
Actions (login required)
View Item |