Sandi, Nevinda Marcenfita (2020) Improving students’ reading comprehension By using mobile legend game. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
HALAMAN COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (133kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Game Mobile Legend adalah game seluler populer dikalangan remaja. Meskipun Game Mobile Legend biasanya memiliki sudut pandang yang buruk, namun dalam penelitian ini, peneliti ingin menjadikan Game Mobile Legend bermanfaat dan memberikan banyak keuntungan bagi siswa dalam proses belajar mengajar, terutama pengajaran dan pembelajaran membaca pemahaman teks deskriptif.Peneliti menggunakan karakter pada Game Mobile Legenda untuk mengajar para siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan atau tidak dalam pemahaman membaca siswa siswa kelas sepuluh di SMA 1 Mejobo Kudus.Dan juga, untuk mendeskripsikan implementasi Game Mobile Legend untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh di SMA 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Peneliti menggunakan dua siklus dalam penelitian ini.Dalam setiap siklus diikuti oleh beberapa langkah seperti, rencana, tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa X MIPA 2 SMA 1 Mejobo Kudus tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan Mobile Legend Game.Hal ini dibuktikan pada skor siswa dalam tes prestasi pada siklus 1 dan siklus 2. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 hanya 69,778 yang berarti pada tingkat kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 skor rata-rata siswa meningkat menjadi 84,644 yang berarti dalam kategori baik. Siswa yang dapat mencapai nilai KKM juga meningkat dari 53% siswa pada siklus 1 menjadi 100% siswa pada siklus 2. Kondisi dan situasi siswa di kelas juga meningkat.Pada siklus 1 banyak siswa sibuk dengan kegiatan mereka sendiri dan tidak mendengarkan instruksi guru, bahkan ada siswa yang tidur di kelas dan ada juga siswa yang memainkan telepon mereka di kelas.Para siswa tidak aktif dan tidak ingin tahu tentang pelajaran bahasa Inggris.Mereka juga tidak dapat membuat kalimat yang diminta guru untuk membuat deskripsi dari karakter.Namun pada siklus 2, siswa meningkatkan motivasi mereka.Para siswa menjadi lebih aktif dalam belajar dan mereka mendengarkan instruksi dari guru.Mereka juga dapat dengan mudah menceritakan kembali deskripsi dari karakter permainan Mobile Legend karena mereka mendapatkan pengalaman langsung dan tahu lebih banyak tentang karakter tersebut dengan memainkan permainan tersebut.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dra. Endang Kusmaryati, M. Pd. Agung Dwi Nurcahyo, S. S., M. Pd. |
Kata Kunci: | Pemahaman Membaca, Game, Mobile Legenda, Teks Deskriptif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:12 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 04:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13076 |
Actions (login required)
View Item |