Peningkatan sholat dhuha melalui layanan bimbingan Kelompok teknik self management pada siswa Kelas xi ma miftahut thullab

Nasruddin, Moh (2020) Peningkatan sholat dhuha melalui layanan bimbingan Kelompok teknik self management pada siswa Kelas xi ma miftahut thullab. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Peningkatan Sholat Dhuha pada Siswa Kelas XI MA Miftahut Thullab, 2. Mengetahui hasil pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Peningkatan Sholat Dhuha pada siswa kelas XI MA Miftahut Thullab. Mengetahui efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap siswa kelas XI. Bimbingan kelompok dapat di artikan bahwa layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara memberikan bantuan atau bimbingan kepada inidividu (siswa) melalui kegiatan kelompok. Teknik Self Management atau manajement diri merupakan pengendalian diri terhadap fikiran, ucapan dan perbuatan yang dilakukan, sehingga mendorong penghindaran diri terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan perbuatan yang baik dan benar. Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Hipotesis penelitian ini adalah Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management dapat meningkatkan menjalankan sholat dhuha pada siswa kelas XI MA Miftahut Thullab. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilaksanakan disekolah MA Miftahut Thullab dengan subjek penelitian 10 siswa. Variabel penelitian: variabel terikat adalah peningkatan sholat dhuha dan variabel bebas adalah Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management. Analisis data yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan dengan waktu 45 menit. Subjek yang diteliti yaitu 10 siswa yang memiliki sholat dhuha yang rendah. Hasil penelitian diketahui sholat dhuha sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil 141 dengan kategori kurang, selanjutnya siklus I pertemuan ketiga memperoleh skor 202 dengan kategori cukup, sehingga terjadi peningkatan sebesar 61 dari pra siklus. Pada siklus II pertemuan ketiga memperoleh skor 335 dengan kategori sangat baik sehingga terjadi peningkatan sebesar 133. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadinya peningkatan pada sholat dhuha setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management mengalamai peningkatan dalam setiap pertemuan. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 14 termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus I hasil observasi pertemuan pertama memperoleh hasil 184 dengan kategori kurang (K), pertemuan kedua memperoleh hasil 188 dengan kategori kurang, pertemuan ketiga memperoleh hasil 202 dengan kategori cukup. Pada observasi siklus II pertemuan pertama memperoleh hasil 307 dengan kategori baik, pertemuan kedua memperoleh hasil 317 dengan kategori baik, dan pertemuan ketiga memperoleh hasil 335 dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, terjadi peningkatan sebesar 194 dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dalam menerapkan bimbingan kelompok teknik self management yang telah dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan sholat dhuha siswa MA Miftahut thullab Pada siklus I pertemuan ketiga memperoleh hasil 202 dengan kategori cukup, dan siklus II pertemuan ketiga memperoleh hasil 335 dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, terjadi peningkatan sebesar 133 dari tahap siklus I, dan siklus II. Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik self management dapat Meningkatkan sholat dhuha. Disarankan kepada: 1. Kepala sekolah Pemilik dapat membuat kebijakan agar anggota bimbingan kelompok dapat meningkatkan sholat dhuha, sehingga keadaan sekolah akan harmonis dan suasana yang nyaman bagi siswa. 2. Guru BK, memberikan jalan alternatif melalui bimbingan kelompok teknik self management dan membantu siswa untuk peningkatan sholat dhuha dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan menciptakan kepercayaan diri. 3. siswan, diharapkan dapat meningkatkan sholat dhuha dalam kehidupan yang dijalani, dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya dalam hal melakukan sholat dhuha. 4. Peneliti, menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Maka dari itu, peneliti perlu meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok supaya kedepannya akan lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Arista Kiswantoro, M. Pd. Dra. Sumarwiyah, M. Pd., Kons.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management, Peningkatan Sholat Dhuha.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:36
Last Modified: 06 Jan 2021 04:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13079

Actions (login required)

View Item View Item