Meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas x ips 2 melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama

Sari, Ayu Novita (2020) Meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas x ips 2 melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Interaksi sosial adalah suatu pola hubungan timbal balik antar dua orang atau lebih, dan masing-masing orang terlibat di dalam memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antar pihak-pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. Rendahya interaksi sosial pada siswa dapat mengakibatkan dampak negatif bagi siswa dalam mengembangkan potensi dirinya dnegan optimal. Layanan bimbingan kelompo merupakan layanan yang diberikan oleh ahli kepada siswa agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya dengan optimal. Teknik sosiodrama merupakan teknik dalam bimbingan kelompok untuk memecahkan masalah-maslah sosial individu. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbigan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas X IPS 2. 2). Meningkatnya interaksi sosial pada siswa kelas X IPS 2 melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti adalah 8 siswa kelas X IPS 2 di SMA N 1 Nalumsari yang memiliki interaksi sosial rendah. Hasil penelitian diketahui bahwa interaksi sosial subjek penelitian pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 8 dengan kategori Sangat Kurang (SK). Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 10 dengan kategori Sangat Kurang (SK), pertemuan kedua diperoleh skor 12 dengan kategori Kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor rata-rata 13 dengan kategori Kurang (K). Pada pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 16 dengan kategori Baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor rata-rata 17 dengan kategori Baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 21 dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut, skor kecerdasan emosional siswa memperoleh peningkatan sebanyak 11. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan interaksi sosial subjek penelitian mulai dari pra siklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil penelitan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan tindakan pada siklus I dipertemuan pertama, memperoleh skor 44 dengan kategori Kurang (K), pada pertemuan kedua, memperoleh skor rata-rata 50 dengan kategori Kurang (K), Pada pertemuan Ketiga, memperoleh skor rata-rata 52 dengan kategori Baik (B), dan pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 58 dengan kategori Baik (B), pertemuan kedua, memperoleh skor rata-rata 63 dengan kategori Baik (B), dan pertemuan ketiga, memperoleh skor rata-rata 67, peningkatan skor yang diperoleh yaitu sebanyak 23. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Disarankan kepada: 1). Siswa, diharapkan dapat meningkatkan interaksi sosial yang baik, karena interaksi sosial merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi siswa untuk mencapai tugas perkembangannya dengan optimal. 2). Guru BK, diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama lanjutan dengan lebih baik untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik, agar keberhasilan belajar siswa di sekolah dapat tercapai dengan optimal. 3). Kepala Sekolah, kepala sekolah diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana yang baik untuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling, agar guru BK dapat membantu mengembangkan potensi siswa dengan optimal. 4) Bagi Peneliti, diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai rujukan, sumber informasi dan bahan refrensi penelitian selanjutnya agar bisa lebih dikembangkan dalam materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo rahardjo, M. Pd., Kons. Drs. Masturi, M. M.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Interaksi Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:44
Last Modified: 06 Jan 2021 04:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item