Peningkatan hasil belajar siswa dengan model talking stick berbantuan media gambar ilustrasi di kelas iv Sd negeri sukoharjo 01 pada tema 8 daerah Tempat tinggalku

ASTUTI, DEWI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa dengan model talking stick berbantuan media gambar ilustrasi di kelas iv Sd negeri sukoharjo 01 pada tema 8 daerah Tempat tinggalku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru melalui model Talking Stick berbantuan gambar ilustrasi tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD N Sukoharjo 01. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa selama poses pembelajaran. Model Talking Stickadalah model pembelajaran yang memberikan. kesempatan kepada siswa untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya Media gambar ilustrasi merupakan media pembelajaran dengan menggunakan gambar. Materi dalam tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan PPKn dan Bahasa Indonesia ini adalah materi karakteristik daerah tempat tinggalku, manfaat karakteristik, dan tokoh-tokoh dalam teks fiksi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru kels IV SDN Sukoharjo 01. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian yaitu 31 siswa. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick berbantuan gambar ilustrasi. Sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa ranah afektif, psikomotorik dan kognitif. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 70,8% (Baik) dan pada siklus II sebesar 79,4% (Baik). Peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 81,45% (Baik) dan pada siklus II sebesar 85,3% (Baik). Hasil belajar ranah afektif pada Siklus I sebesar 65,1% (Baik) dan pada Siklus II 74,95% (Baik). Hasil belajar ranah psikomotorik pada Siklus I sebesar 65,85% (Baik) dan pada Siklus II sebesar 76,35% (Baik). Hasil belajar ranah kognitifmuatan PPKn siklus I (75,95%) dan pada siklus II (79,35%). Muatan Bahasa Indonesia dengan siklus I sebesar (79,31%) dan siklus II sebesar (81,92%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SD N Sukoharjo 01, dapat disimpulksn bahwa penerapan model Talking Stick berbantuan media Gambar Ilustrasi dapat meningkatkan hasil belajar tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD N Sukoharjo 01.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Talking Stick, Media Gambar Ilustrasi, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:46
Last Modified: 07 Jan 2021 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item