KARTIKASARI, RIZKA AYU (2020) Peningkatan pemahaman konsep melalui model creative problem solving (cps) berbantuan media kartu bergambar tema 1 indahnya kebersamaan kelas iv sd 2 maitan. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (441kB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (183kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (204kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (186kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan kemampuan pemahaman konsep siswa Tema 1 Indahnya Kebersamaan Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Kartu Bergambar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada Kelas IV SD 2 Maitan tahun ajaran 2019/2020. Selama proses pembelajaran, guru cenderung monoton dan tidak memperhatikan siswanya untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik belum pernah melakukan kegiatan praktek dan siswa hanya disuruh mendengarkan sehingga itu membuat siswa tidak kreatif dan kurang memahami saat pembelajaran berlangsung. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga guru tidak mengelompokan siswa sehingga siswa tidak bisa berdiskusi tentang masalah apa yang diberikan oleh guru. Solusi dari peneliti yaitu dengan menggunakan model Creative Problem Solving (CPS).Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) merupakan suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan ketrampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan ketrampilan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dari prasiklus rata-ratanya sebesar 47, meningkat pada siklus I sebesar 51, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 73. Pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus hanya sebesar 63, siklus I meningkat menjadi 70, dan meningkat lagi di siklus II menjadi 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media kartu bergambar. Saran dari penelitian diharapkan akan ada tindak lanjut pada penelitian selanjutnya sehingga menambah perbendaharaan penelitian terkait dengan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media kartu bergambar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kartu Bergambar, Pemahaman Konsep, Model Creative Problem Solving, Tema 1 Indahnya Kebersamaan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 03:34 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 03:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13091 |
Actions (login required)
View Item |