Ekspresi gambar ilustrasi pada perilaku siswa (studi kasus siswa kelas 4 di sekolah dasar 3 karangbener bae kudus)

Nurhidayah, Dwi (2020) Ekspresi gambar ilustrasi pada perilaku siswa (studi kasus siswa kelas 4 di sekolah dasar 3 karangbener bae kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSAKA.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang pada permasalahan ini adalah didasarkan pada fenomena yang terjadi di Sekolah Dasar ada beberapa siswa berperilaku kurang sopan yang melakukan kebiasaan berbicara kasar, membantah perintah guru, melempar sesuatu, membuat gaduh dan sering keluar kelas tanpa ijin. Permasalahan penelitian ini adalah bentuk perilaku dan penyebab siswa melakukan perilaku kurang sopan dalam kebiasaan pembelajaran siswa kelas IV di SD 3 Karangbener dan mendiskripsikan hasil karya gambar ilustrasi siswa tentang perilaku kurang sopan.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk perilaku dan penyebab siswa melakukan kurang perilaku sopan dalam kebiasaan pembelajaran siswa kelas IV di SD 3 Karangbener dan mendiskripsikan hasil karya gambar ilustrasi siswa tentang deviasi perilaku sopan.Adapun manfaat penelitian ini adalah manfaat teoritis yaitu berguna untuk ilmu pengetahuan sehingga dapat memberi sumbangan pemikiran atau menambah informasi bagi perkembangan ilmu pendidikan.Sedangkan kegunaan praktis penelitian ini adalah untuk acuan agar dapat menjaga dan melakukan perilaku sopan santun dalam kehidupan sehari-hari di lingkup rumah maupun sekolah agar dapat diterima di lingkungan sekitarnya, dan untuk acuan dalam menyusun kebijakan dalam memberi pengarahan untuk meningkatkan kualitas dari perilaku siswa. Bagi peneliti untuk tambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman sebagai pendidik yang akan menjadi pedoman diri sendiri pada masa yang akan datang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.Penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Karangbener Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas IV.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambar ilustrasi dapat menunjukkan ekspresi sesorang dalam menyampaikan pesan pada perilaku siswa deviasi siswa kelas 4 di SD 3 Karangbener. Dalam penelitian ini terdapat 3 perilaku yang dapat di sebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal dan sebab-sebab tertentu yang menyebabkan siswa melakukan hal yang kurang baik. Hasil gambar ilustrasi dari tiga kasus tersebut telah terjadi dan menunjukkan model yang berbeda ada yang haptik ada juga yang visual.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sucipto, M.Pd, Kons Pembimbing 2 Nur Fajrie, M.Pd
Kata Kunci: Perilaku, Gambar ilustrasi, Ekspresi Diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:43
Last Modified: 07 Jan 2021 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item