Peningkatan hasil belajar dengan model student teams achievement division berbantuan media gambar padasiswa kelas iv sdn 5 kayen tema cita-citaku

Burhannudin, Moh. (2020) Peningkatan hasil belajar dengan model student teams achievement division berbantuan media gambar padasiswa kelas iv sdn 5 kayen tema cita-citaku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar, keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Student Teams Achievement Divisionberbantuan media gambar pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kayen pada tema 6Cita-citaku. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan. Model pembelajaran STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling sering digunakan. Student Teams Achievement Divisionterdiri dari lima komponen utama, yaitu: (1) presentasi kelas, (2) tim (kelompok), (3) kuis, (4) kemajuan individu, (5) dan rekgnisi tim. Dengan adanya pengajaran STAD siswa diharapkan dapat memiliki rasa tenggung jawab, kerjasama di dalam tim, dan semangat mencapai hasil belajar siswa. Media gambar adalah salah satu alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu mendorong siswa lebih melatih diri dalam mengembangkan pola pikirnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran tema 6 Cita-citaku di kelas IV SDN 5 Kayen dengan diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbatuan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 5 Kayen dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 25 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Student Teams Achievement Division, sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema enam. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 68,75% dan pada siklus II 87,5% (Baik). Hasil belajar ranah pengetahuan siswa meningkat cukup signifikat anatara siklus I 67,28% dan siklus II 75%. Keterampilan siklus I 58,7% dan siklus II 73,7%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan dikelas IV SDN 5 Kayen, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisionberbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar tema 6Cita-citaku kelas IV SDN 5 Kayen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd., Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd, MA.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, Gambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:10
Last Modified: 07 Jan 2021 04:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13096

Actions (login required)

View Item View Item