Peningkatan hasil belajar melalui penerapan model make a match berbasis kearifan lokal dengan berbantuan media puzzle pada tema pahlawanku kelas ivsd 2 tenggeles

Mayasari, Jayanik (2020) Peningkatan hasil belajar melalui penerapan model make a match berbasis kearifan lokal dengan berbantuan media puzzle pada tema pahlawanku kelas ivsd 2 tenggeles. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Make A Match berbasis kearifan lokal dengan berbantuan media Puzzle pada tema Pahlawanku kelas IVSD 2 Tenggeles. Hasil belajar ialah hasil yang diperoleh siswa setelah terlaksananya proses pembelajaran diharapkan bisa merubah pengetahuan dan keterampilan siswa menjadi meningkat dan lebih baik. Model pembelajaran Make A Match ialah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai konsep atau topik dalam suasana kelas yang menyenangkan. Media Puzzleadalah suatu permainan merangkai potongan-potongan gambar yang berantakan menjadi sebuah gambar yang utuh. Hipotesis dalam penelitian ini ialah melalui penggunaan model Make A Match berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru kelas IVSD 2 Tenggeles. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian yaitu kelas IVSD 2 Tenggeles dengan jumlah siswa 19 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap sikluas terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi,wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis yang digunakan ialah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningakatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada tema Pahlawanku. Peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh persentase 74% dengan kualifikasi baik pada siklus II 86% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS meningkat cukup signifikan antara siklus I memperoleh 68,42% dan siklus II sebesar 84,21%. Pada muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan siklus I 73,68% dan siklus II sebesar 89,47%. Selanjutnya pada ranah keterampilan siswa pada siklus I 68,71% (Baik) dan siklus II memperoleh 83,34% (Sangat Baik). Hal tersebut membuktikan bahwa adanya penerapan model Make A Match berbasis kearifan lokal dengan berbantuan media Puzzledapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Tenggeles. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang sudah dilakukan pada kelas IV SD 2 Tenggeles, dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan model Make A Match berbasis kearifan lokal dengan berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Make A Match, Kearifan Lokal, Media Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:18
Last Modified: 07 Jan 2021 04:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item View Item