FERIANI, YESSI (2020) Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative integratif reading and composition berbantuan media wayang gambar Tema 1 indahnya kebersamaan. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (469kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (289kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (265kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru danpeningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, and Composition berbantuan media Wayang Gambardi kelas IV tema 1Indahnya Kebersamaan di SD 2Jojo. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Jojo Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variable bebas adalah Cooperative, Integrated, Reading, and Composition sedangkan variable terikat adalah aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penilitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (72%) dengan kriteria cukup dan siklus II (78%) dengan kriteria baik, keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I (83%) dengan kriteria baik dan siklus II (93%) dengan kriteria sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, and Composition berbantuan media Wayang Gambardapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru kelas IV SD N 2 Jojo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SD N 2 Jojo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, and Composition berbantuan media Wayang Gambardapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Peneliti memberikan saran agar model Cooperative, Integrated, Reading, and Composition dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan agar siswa aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Ristiyani, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Aktivitas Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition, Wayang Gambar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 04:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 04:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13098 |
Actions (login required)
View Item |