ARIZONA, MAYGA (2020) Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Numbered head together (nht) berbantuan media Puzzle tema 5 pahlawanku siswa Kelas iv sd negeri 2 kembang. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (507kB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (241kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (193kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan yang muncul di SD 2 Kembang adalah siswa tidak merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru, siswa siswa kurang antusias dalam pembelajaran dan guru kurang bervariatif dalam proses belajar mengajar sehingga. Sehingga penelitian ini bertujuan (1). Menjelaskan penerapan model Numbered Head Together(NHT) berbantuan Media “Puzzle Pahlawan” dalam meningkatkan kemampuan keterampilan guru pada tema 5 subtema 1 dan 2 muatan PPKn dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kembang (2). Menjelaskan penerapan model Numbered Head Together(NHT) berbantu Media “Puzzle pahlawanku” dalam meningkatkan Hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 dan 2 muatan PPKn dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 2 Kembang Pemahaman konsep merupakan proses, cara, perbuatan mengerti atau menegetaui secara detail mengenai konsep yang tercermin dalam meningkatkan suatu hasil belajar. Model pembelajaran numbered head together (NHT) adalah adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan dan menentukan pikiran-pikiran dengan secara menarik, mudah dan berdaya guna bagi setiap siswa untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari atau merencanakan tugas baru. Media puzzle adalah sebuah rangakian yang bergambar menarik dan bermakna yang dapat dirangkai ketika dipudari. Penelitian ini menggunakan model numbered head together untuk peningkatan hasil belajar berbantuan media puzzle untuk meningkatkan pemahaman konsep muatan PPKN materi nilai-nilai sila pancasila dan Bahasa Indonesia materi Nonfiksi bagi siswa kelas IV SD 2 Kembang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD 2 Kembang dengan subyek penelitian siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model numbered head together dan media puzzle sedangkan variable terikatkatnya adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Deskriptif kuantitatif dan kualitataif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aspek pengetahuan siklus I mencapai 71,25 dan mengalami peningkatan siklus II mencapai 78,25. Aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,96 dan meningkat menjadi 79,74 pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan memperoleh presentase 71,31 menjadi 83,72 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Numberead Head Togetherdapat meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media puzzle pada kelas IV SD Negeri 2 Kembang Bedasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaukan pada kelas IV SD Negeri 2 Kembang dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numberead Head Together berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 pahlawanku kelas IV SD 2 Kembang. Oleh sebab itu, disarankan menerapkan model Numberead Head Together berbantuan media puzzle guru lebih inovativ dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd, Pembimbing 2 Santoso, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Numberead Head Together, Media Puzzle Persatuan dan Kesatuan, Gagasan Pokok dan Gasan Pendukung. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 07:08 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 07:08 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13101 |
Actions (login required)
View Item |