Peningkatan berpikir kritis melalui modelthink pair share tema 4 berbagai pekerjaanberbantuan media monopoli budaya kudus (mobudus) pada siswa Kelas iv sd 04 soco kudus

MUKHLIS, EVIE RATNA DILLA (2020) Peningkatan berpikir kritis melalui modelthink pair share tema 4 berbagai pekerjaanberbantuan media monopoli budaya kudus (mobudus) pada siswa Kelas iv sd 04 soco kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran tema IV dengan diterapkannya model TPS (Think Pair Share) berbantuan media Monopoli Budaya Kudus (MOBUDUS) pada siswa kelas IV SD 04 Soco Kudus. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tema IV dengan diterapkannya model TPS (Think Pair Share) berbantuan media Monopoli Budaya Kudus (MOBUDUS) pada siswa kelas IV SD 04 Soco Kudus. Berpikir kritis yaitu suatu proses berpikir, menalar tingkat tinggi yang meliputi kegiatan mengevaluasi atau reflektif untuk menyelesaikan dan memecahkan sebuah permasalahan dalam membuat keputusan yang masuk akal. Berpikir kritis juga proses berpikir mengenai hal, permasalahan apa saja dimana seseorang meningkatkan kualiatas pemikirannya yang bertujuan untuk mencapai sebuah pemahaman yang mendalam. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan yaitu think (berpikir) yaitu memikirkan pertanyaan atau permasalahan yang diberikan, lalu pair (berpasangan) yaitu saling mendiskusikan pemecahan permasalahan atau pertanyaan yang ada, lalu share (berbagi) yaitu mengungkapkan hasil pendiskusian yang telah di diskusikan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV SD 04 Soco Kudus yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru dan berpikir kritis siswa. Tes diuji menggunakan validasi expect judgement, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 78,9 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II hasil kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal mencapai 85,4 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88% dengan kategori baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan sebesar siklus I mencapai 72,3 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan mencapai 87,5 dengan kategori sangat baik. Hal tersebut membuktikan bahwa peningkatan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui model Think Pair Shareberbantuan media Mobudus pada kelas IV SD 04 Soco Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 04 Soco Kudus dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui model berbantuan media Think Pair Shareberbantuan media Mobudus pada kelas IV SD 04 Soco Kudus. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model Think Pair Shareberbantuan media Mobudus guru harus lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkam partisipasi siswa pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurrohman, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Media Mobudus, Berpikir Kritis Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:10
Last Modified: 08 Jan 2021 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13106

Actions (login required)

View Item View Item