Penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media kopikal untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema ekosistem pada kelas v berbasis lesson study

RAHMAWATI, FITRI (2020) Penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media kopikal untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema ekosistem pada kelas v berbasis lesson study. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (923kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru,hasil belajar ranahpengetahuan,hasilbelajarranahketerampilan dengan penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media kopikal tema ekosistem pada kelas V SDN 1 Bakalan berbasis lesson study. Hasil belajar merupakan perubahan terjadi pada diri seorang siswa yang menyangkut ranah kognitif, afektif dan psikomotorik menggunakan model dan media pembelajaran. Sedangkan model pembelajaranscramble merupakan suatu model pembelajaran berupa permainan acak kata yang dikerjakan secara berkelompok, dalam model ini siswa diajak untuk menjawab soal dan menerka dengan cepat jawaban soal yang sudah tersedia. Media kopikal merupakan media kotak pintar kearifan lokal modifikasi dari permainan model pembelajaran scramble. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, hasil belajar ranah pengetahuan dan psikomotorik melalui model pembelajaran scramble berbantuan media kopikal kelas V SDN1 Bakalan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di kelas V SDN 1 Bakalan dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran scramble, media kopikal, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif deskriptif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkat setiap siklusnya. Pada keterampilan guru siklus I memperoleh jumlah skor 70 dengan persentase76% (baik), kemudian meningkat pada siklus II memperoleh jumlah skor 79,5 dengan persentase 86,4%(sangat baik). Selanjutnya hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I muatan Bahasa Indonesia memperoleh jumlah skor sebesar 76,9 dengan persentase 75% (tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 82,5 dengan persentase 93% (sangat tinggi) sedangkan siklus I muatan IPS jumlah skor sebesar 71,2dengan persentase 68% (tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 80 dengan persentase 86% (sangat tinggi). Kemudian hasil belajar ranah keterampilan muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh jumlah skor 392 dengan persentase 70% (tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 475 dengan persentase 84,5% dengan kriteria (sangat tinggi), sedangkan muatan IPS siklus I memperoleh jumlah skor 393 dengan persentase 70,15% (tinggi) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 458 dengan persentase 81,5% (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Bakalan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble berbantuan media kopikal pada tema ekosistem dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan siswa. Peneliti menyarankan agar para guru melibatkan siswa secara langsung pada media pembelajaran dan memberikan motivasi agar siswa dapat memperhatikan dengan baik proses belajarnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Erik Aditiya Ismaya, S.Pd, M.A.
Kata Kunci: Scramble; Media Kopikal; Hasil Belajar; Lesson Study
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:18
Last Modified: 08 Jan 2021 04:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item