Analisis pemikiran kartini Tentang pendidikan budi pekerti

Rindlo, Miftakur (2020) Analisis pemikiran kartini Tentang pendidikan budi pekerti. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
00_Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
01_Bab I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
02_Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
03_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
04_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
05_Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
06_Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah karena krisis moral yang berkepanjangan dan tiada berkesudahan. Penurunan kualitas moral (degradasi moral) terjadi pada setiap tingkatan usia, dari usia anak-anak, usia remaja, dan orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cita-cita pendidikan Kartini, untuk mendeskripsikan pemikiran Kartini tentang pendidikan budi pekerti dan untuk mendeskripsikan relevansi pemikiran Kartini tentang pendidikan budi pekerti dalam konteks kekinian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara. Dokumen yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang diterbitkan oleh penerbit Narasi Yogyakarta dengan penyunting Ari P. Penelitian ini menggunakan metode rasional, interpretasi, induktif, dan analogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita-cita Kartini tentang pendidikan adalah menghilangkan budaya patriarki, membentuk budi pekerti luhur, terciptanya pembelajaran yang berpusat pada siswa, mengangkat martabat bangsa, dan merekonstruksi budaya pola asuh anak. Pemikiran Kartini tentang pendidikan budi pekerti menurut Kartini terbagi dalam enam premis besar, yaitu: pertama tentang tujuan pendidikan budi pekerti, kedua tentang materi pendidikan budi pekerti, ketiga tentang metode pendidikan budi pekerti, keempat tentang hukuman dalam pendidikan budi pekerti, kelima tentang lingkungan yang bertanggung jawab terhadap pendidikan budi pekerti, dan keenam tentang faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pendidikan budi pekerti. Pemikiran Kartini tentang pendidikan budi pekerti tersebut masih relevan dengan pendidikan budi pekerti dalam konteks kekinian. Hal itu dikarenakan enam premis besar tersebut, sesuai dengan pemikiran para tokoh pendidikan budi pekerti saat ini. Dengan demikian, pemikiran Kartini tentang pendidikan budi pekerti dapat diterapkan dalam upaya pembentukan budi pekerti (karakter) bangsa saat ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. Dr. Santoso, M. Pd.
Kata Kunci: degradasi moral, pemikiran Kartini, pendidikan budi pekerti
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:25
Last Modified: 13 Jan 2021 04:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item