Penerapan model number head together berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iv pada tema 1 di sd 2 besito

Widiyanti, Sinta (2020) Penerapan model number head together berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iv pada tema 1 di sd 2 besito. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model NHT berbantuan media ular tangga dalam meningkatkan ketrampilan guru pada kelas IV Tema 1Indahnya Kebersamaan, (2) untuk mendeskripsikan penerapan model NHT berbantuan media ular tangga dalam meninkatkan aktivitas siswa pada kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan, (3) untuk mendeskripsikan penerapan model NHT berbantuan media ular tanggadalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru dalam mengajar siklus 1 mencapai rata-rata 77,05 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 87,5 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa aspek sikap pada siklus I mencapai rata-rata 68,35 dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai rata-rata 78,35 dengan kriteria cukup. Aktivitas siswa aspek ketrampilan juga mengalami peningkatan siklus I mencapai rata-rata 70,57 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 78,60 dengan kriteria cukup. Pemahan konsep siswa juga menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 72,35dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 79,1 dengan kriteria cukup. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model NHT berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa serta aktivitas siswa pada kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan di SD 2 Besito kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 2 Besito kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa serta aktivitas siswa pada tema 1 Indahnya Kebersamaan kelas IV SD 2 Besito kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat menggunakan model yang sesuai dengan materi pembelajaran serta karakteristik siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi serta keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd, Pembimbing 2 Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: NHT, Ular Tangga, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:32
Last Modified: 26 Jan 2021 02:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item