Penerapanmodel probingpromptingberbantuanmediaaudiovisualuntukmeningkatkanketerampilan berbicara materi tema 9 sub tema 1 siswa Kelas 4sd 3 gondosari gebog kudus

MURBANDINI, GEA RIZKIA (2020) Penerapanmodel probingpromptingberbantuanmediaaudiovisualuntukmeningkatkanketerampilan berbicara materi tema 9 sub tema 1 siswa Kelas 4sd 3 gondosari gebog kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model probing prompting berbantuan media audio visualuntuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajarsiswa dan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD 3 Gondosari Gebog Kudus dalam materi bercerita kayanya negeriku. Model probing prompting adalah pembelajaran dengan cara guru mengajukan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan dan pengalaman siswa dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Media audio visual yang dimaksudkan adalah media pembelajaran yang berupa slide, film, video pembelajaran berbicara Bahasa Indonesia materi bercerita kayanya negeriku. Ketrampilan berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan maupun tulisan. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapanmodel probingpromptingberbantuanmediaaudio visualuntuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar dan keterampilan berbicara dalam membelajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia materi tema 9 berbicara kayanya negerikupada siswa kelas 4 SD 3 Gondosari Gebog Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Gondosari Gebog Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa yang terbagi menjadi 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Disetiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran probingprompting, sedangkan variabel terikat adalah aktivitas dan keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan non tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran probingprompting berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 74,36 menjadi 84,29. Aktivitas berbicara siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai pada siklus I yaitu 71,37 dengan kualifikasi perlu bimbingan dan pada siklus II rata-rata nilainya yaitu 80,245 dengan kualifikasi cukup. Hasil tes Keterampilan berbicara nilai rata-rata klasikal prasiklus sebesar 55 dengan kualifikasi perlu bimbingan, setelah diberi tindakan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 58.82 dengan kualifikasi perlu bimbingan kemudian diberi tindakan selanjutnya yaitu siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 80,58 dengan kualifikasi cukup. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model probingprompting berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, Aktivitas Belajar siswa, dan Keterampilan berbicara siswa. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd.
Kata Kunci: ProbingPrompting, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berbicara, Bercerita, Audio Visual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:44
Last Modified: 26 Jan 2021 02:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item