Hidayattulloh, Moh Wahyu Cahyo (2020) Pengaruh model inquiry berbantuan media benda konkret terhadap pemahaman konsep siswa Tema 5 pahlawanku kelas iv sdn Tambakromo 01 pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (330kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (114kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (162kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan media konkrit dan menemukan peningkatan pemahaman konsep siswa pada tema 5 pahlawanku kelas IV SDN Tambakromo 01. Inquiryadalah model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa untuk aktif menemukan, menyelidiki sendiri, sehingga pengetahuan yang diperoleh akan bertahan lebih lama dan mudah diingat yang memiliki enam langkah dalam pembelajarannya mulai dariorientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dengan melakukan percobaan dan menarik kesimpulan. Pemahaman Konsep merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam menyerap materi pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model inquiry berbantuan media benda konkrit terhadap pemahaman konsep IPA dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Tambakromo 01 Pati. Penelitian kuantitatif eksperimen dilaksanakan di kelas IV SDN Tambakromo 01 Pati dengan subjek penelitian adalah 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua pertemuan, dengan tahapan pra eksperimen, eksperimen, dan pasca eksperimen. Variabel bebas adalah model inquiry dan media benda konkrit. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, test-t dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry berbantuan media benda konkrit berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa, dilihat dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) < α (0,000 < 0,05), siswa dan guru memberikan respon lebih >75% terhadap pembelajaran model Inquiry berbantuan media benda konkrit, dilihat dari analisis statistik kuantitatif deskriptif yang menunjukkan respon lebih rata-rata > 75%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model Inquiry berbantuan media benda konkrit terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV Sekolah Dasar. Untuk itu di sarankan kepada guru untuk menggunakan model Inquiry berbantuan media benda konkrit dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pada tema 5 Pahlawanku.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Inquiry, Pemahaman Konsep, Benda Konkrit |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 03:06 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 03:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13131 |
Actions (login required)
View Item |