Analisis pengaruh pengetahuan umum, tingkat ekonomi, pengetahuan pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan dalam membayar pbb masyarakat desa dan kota dengan variabel moderating kontrol petugas desa/kelurahan (studi kasus pada kabupaten blora)

Rahayu, Yayuk Sri (2020) Analisis pengaruh pengetahuan umum, tingkat ekonomi, pengetahuan pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan dalam membayar pbb masyarakat desa dan kota dengan variabel moderating kontrol petugas desa/kelurahan (studi kasus pada kabupaten blora). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Kepatuhan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Blora dan untuk membandingkan Kepatuhan Pajak dari wajib pajak Pedesaan dan perkotaan. Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu pajak dengan jumlah wajib pajak terbanyak yang dikelola oleh pemerintah daerah guna melakukan pembangunan dan kesejahteraan daerah. Kepatuhan Pajak Bumi dan Bangunan yang diteliti dalam penelitian ini dipengaruhi oleh faktor Pengetahuan Umum, Tingkat Ekonomi, Pengetahuan Pajak, dan Sanksi Perpajakan yang disertai dengan adanya kontrol petugas desa/kelurahan. Semua variabel dalam penelitian diukur dengan menggunakan kuesioner skala Likert 5 poin. Sample penelitian diambil dengan metode proporsive sampling dan Rumus Slovin, dengan penyebarannya menggunkan metode sampel Acak Berstrata Proporsional. Metode pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier dan uji beda t-test yang diolah dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Pengetahuan Umum, Tingkat Ekonomi, Pengetahuan Pajak, dan Sanksi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Pajak Bumi dan Bangunan. Disisi lain, adanya Kontrol Petugas Desa/Kelurahan tidak dapat memoderasi pengaruh antara Pengetahuan Umum, Tingkat Ekonomi, Pengetahuan Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Bumi dan Bangunan. Berdasarkan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara Kepatuhan PBB desa dan Kepatuhan PBB kota.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Zuliyah, S. E., M. Si., Ak. Nanik Ermawati, S. E., M. Si.
Kata Kunci: Pajak Bumi dan Bangunan Kepatuhan PBB, Pengetahuan Umum, Tingkat Ekonomi, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan, Kontrol Petugas Desa/Kelurahan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:05
Last Modified: 15 Feb 2021 06:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item