UPAYA MENINGKATKANKEMANDIRIAN BELAJARMELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTENPADASISWA KELAS V SD N 2 TUNGGUL NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

KUKUH HANGGARJITO, MIFTAH (2013) UPAYA MENINGKATKANKEMANDIRIAN BELAJARMELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTENPADASISWA KELAS V SD N 2 TUNGGUL NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (802Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (112Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (218Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (378Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (277Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (402Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (134Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (91Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3150Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    mempunyai kemandirian belajar yang rendah seperti,kurang percaya diri, masih ada ketergantungan kepada temannya dalam menghadapi masalah belajar, disiplin belajar masih kurang, kurang mengetahui cara belajar yang baik, malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru, kurang bisa belajar sendiri. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajarpada siswa kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat menemukan seberapa besar peningkatan kemandirian belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik:Hasil penelitian ini dapat lebih memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai acuan untuk penelitian yang lebih luas lagi.2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah,sebagai bahan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk membantu dalam mengembangkan dan meningkatkan minat belajar siswa. 2. Bagi Guru Kelas, dapat digunakan oleh Guru Kelas untuk dijadikan bahan acuan atau informasi ilmiah untuk menentukan kebijakan tentang proses pelaksanaan layanan-layanan bimbingan dan konseling pada umumnya dan layanan penguasaan konten khususnya di sekolah. 3. Bagi Siswa, sebagai motivasi siswa dalam meningkatkan kemandirian belajar. 4. Bagi Peneliti, Sebagai tambahan pengetahuan dan pengalaman sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya. Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD N Tunggul Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013.” Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, sebanyak 26 siswa yang kemandirian belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten(variabel bebas) dan kemandirian belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 4pertemuan membahas4 materi dengan alokasi waktu 70 menit. Berdasarkan Hasil Observasi pra siklus Kemandirian Belajar Siswa dalam kategori kurang ( rata-rata skor 2 ).Siklus I Kemandirian Belajar Siswa belum banyak peningkatan masih dalam kategori kurang (2,1).Siklus II Kemandirian Belajar Siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari kategori kurang menjadi baik ( 2,1 menjadi 4,0 ).Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa pra siklus 2 - 2,1 kemudian siklus II 4 – 4,0. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan kontendapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD N 2 Tunggul Nalumsari Jepara.Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada kelas V agar program BK dapat terlaksana, khususnya layanan penguasaan konten dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.2.Kepada konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan kemandirian belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal.3. Kepada siswa, Diharapkan siswa memiliki kemandirian yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemandirian Belajar: Layanan Penguasaan Konten.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 24 Jul 2013 10:44
                    Last Modified: 24 Jul 2013 10:44
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1328

                    Actions (login required)

                    View Item