PENERAPAN MODEL CORE BERBANTUAN MEDIA MEJAKORA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IV SD 1 MIJEN

Rediana, Devita (2020) PENERAPAN MODEL CORE BERBANTUAN MEDIA MEJAKORA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IV SD 1 MIJEN. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. depan]
Preview
Text (Hal. depan)
1. Hal Judul.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang diajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD 1 Mijen. Kemampuan berpikir kritis matematis akan mengacu pada tiga indikator yakni elementary clarification, basic supports, dan inference. Hipotesis dari penelitian ini yakni adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD 1 Mijen dan terjacapinya ketuntasan klasikal sebesar 75% pada siswa yang menerima pembelajaran model CORE berbantuan media MEJAKORA. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design berpola Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SD 1 Mijen dengan subyek kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur, tes, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Gain Ternormalisasi, Uji Independent Samples T Test dan uji proporsi atau uji Z. Hasil penelitian yang didapatkan yakni: (1) adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD 1 Mijen yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA sebesar 0,51 yang berarti menunjukkan peningkatan kategori sedang; (2) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis kelas IV SD 1 Mijen antara yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; tidak tercapainya ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% pada siswa kelas IV SD 1 Mijen yang belajar menggunakan model CORE Berbantuan Media MEJAKORA. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SD 1 Mijen dapat disimpulkan bahwa penerapan model CORE berbantuan media MEJAKORA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta menunjukkan perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang lebih baik dibandingkan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Namun, penerpan model CORE berbantuan media MEJAKORA kurang efektif dikarenakan tidak tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 75%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Model CORE, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Media MEJAKORA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:30
Last Modified: 23 Feb 2021 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13303

Actions (login required)

View Item View Item