Rediana, Devita (2020) PENERAPAN MODEL CORE BERBANTUAN MEDIA MEJAKORA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IV SD 1 MIJEN. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. depan)
1. Hal Judul.pdf - Published Version Download (679kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
2. Bab I.pdf - Published Version Download (359kB) | Preview |
Text (Bab 2)
3. Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
4. Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (988kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
5. Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
6. Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (434kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang diajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD 1 Mijen. Kemampuan berpikir kritis matematis akan mengacu pada tiga indikator yakni elementary clarification, basic supports, dan inference. Hipotesis dari penelitian ini yakni adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD 1 Mijen dan terjacapinya ketuntasan klasikal sebesar 75% pada siswa yang menerima pembelajaran model CORE berbantuan media MEJAKORA. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design berpola Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SD 1 Mijen dengan subyek kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur, tes, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Gain Ternormalisasi, Uji Independent Samples T Test dan uji proporsi atau uji Z. Hasil penelitian yang didapatkan yakni: (1) adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD 1 Mijen yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA sebesar 0,51 yang berarti menunjukkan peningkatan kategori sedang; (2) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis kelas IV SD 1 Mijen antara yang belajar menggunakan model CORE berbantuan media MEJAKORA dengan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; tidak tercapainya ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% pada siswa kelas IV SD 1 Mijen yang belajar menggunakan model CORE Berbantuan Media MEJAKORA. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di SD 1 Mijen dapat disimpulkan bahwa penerapan model CORE berbantuan media MEJAKORA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta menunjukkan perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang lebih baik dibandingkan yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Namun, penerpan model CORE berbantuan media MEJAKORA kurang efektif dikarenakan tidak tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 75%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Model CORE, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Media MEJAKORA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 02:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13303 |
Actions (login required)
View Item |