MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA MISTERY BOX UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SD 1 MEJOBO KUDUS

Suryani, Nia (2020) MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA MISTERY BOX UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SD 1 MEJOBO KUDUS. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan dan Keterampilan mengajar guru tema 1 Indahnya Kebersamaan kelas IV SD 1 Mejobo Kudus dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Mistery Box.Hasil belajar merupakan kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang untuk menyelesaikan sesuatu hal dalam pembelajaran. Model pembelajaran Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat agar siswa berani mengemukakan pendapat, berperan aktif, kreatif dalam proses pembelajaran. Mistery Box terdiri dari suatu kotak misterius karena kartu dimasukan kedalam amplop yang kemudian amplopnya diletakan kedalam kotak misteri Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 1 Mejobo kelas IV dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru yang berlangsung selama II Siklus. Masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick dan media Mistery Box, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data berupa obseervasi, tes, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick berbantuan media Mistery Box dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa tema 1 Indahnya Kebersamann muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Keterampilan guru meningkat dari siklus I sebesar 62,08% kategori cukup (C) pada siklus II meningkat menjadi 82,50% kategori baik (B). Hasil belajar siswa muatan IPS dan Bahasa Indonesia meningkat dari siklus I sebesar 50% kategori cukup (C) pada siklus II meningkat menjadi 77,7 % kategori baik (B). Keterampilan siswa muatan IPS meningkat siklus I 18,08% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 20,22% kategori sangat baik (SB), keterampilan siswa muatan Bahasa Indonesia meningkat siklus I 16,36% kategori baik (B) siklus II meningkat menjadi 18,88% kategori baik (B ). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick berbantuan media Mistery Box dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan mengajar guru siswa kelas IV SD Mejobo. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang variatif dan inovatif, sehingga siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Khususnya muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Drs. Moh.Kanzunnudin, M.Pd. pembimbing 2: Much. Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Talking Stick,Mistery Box
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:27
Last Modified: 23 Feb 2021 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item