Peningkatan hasil belajar tema berbagai pekerjaan melalui penerapan model team games tournament berbantuan media marjanku siswa kelas iv sd 3 kirig

MUNA, ANA KHALIMATUL (2020) Peningkatan hasil belajar tema berbagai pekerjaan melalui penerapan model team games tournament berbantuan media marjanku siswa kelas iv sd 3 kirig. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif (pengetahuan) dan aspek psikomotorik (keterampilan) siswa kelas IV SD 3 Kirig dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament berbantua media Marjanku. Model pembelajaran Team Games Tournament adalah model pembelajaran kooperatif yang mengajak siswa untuk melakukan games dan tournament yang berkaitan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Marjanku. Media Marjanku adalah media sederhana hasil dari modifikasi permainan ular tangga yang menghilangkan gambar ular dan tangga yang disetiap pijakan terdapat tingkatan mulai dari level C1 sampai C6 yang menharuskan siswa untuk menjawab pertanyaan dari soal agar dapat melaju ke level berikutnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 3 Kirig yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media Marjanku dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Kirig tema 4 Berbagai Pekerjaan muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar dan keterampilan mengajar guru. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS pada siklus I memperoleh rata-rata 67,81 dengan ketuntasan klasikal 56,25% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 71,25 dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Pada siklus II meningkat untuk muatan IPS memperoleh rata-rata 77,5 dengan ketuntasan klasikal 87,5% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 79,06 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh persentase 71,35% meningkat pada siklus II menjadi 80,07%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 79,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Team Games Tournament berbantuan media Marjanku dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SD 3 Kirig pada tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Team Games Tournament, Berbagai Pekerjaan, Kearifan Lokal, Media Permainan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:58
Last Modified: 24 Feb 2021 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item View Item