Kusumaningsih, Linda Ayu (2020) Peningkatan berpikir kritis siswa menggunakan model predict observe explain berbantuan media scrapbook pada tema 6 siswa kelas v sd 1 jepang. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan memaparkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model predict observe explain berbantuan media scrapbook pada kelas V SD 1 Jepang. Model pembelajaran predict observe explain merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran mulai dari kegiatan memprediksi (predict), kemudian berusaha untuk mengamati (observe) dengan cermat untuk mengetahui jawaban sebenarnya serta penjelasan mengenai hasil pengamatan (explain). Scrapbook merupakan media yang kreatif dan menarik siswa karna didalamnya materi dikemas dalam bentuk tiga dimensi yang membuat siswa penasaran dan menarik untuk dibaca. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas V SD 1 Jepang dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran predict observe explain berbantuan media scrapbook, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa, lembar penilaian keterampilan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterampilan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada tema panas dan perpindahannya. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 67 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 67 dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 81. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76 dengan kriteria cukup baik sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 87 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan di kelas V SD 1 Jepang, dapat disimpulkan bahwa penerapan model predict observe explain berbantuan media scrapbook dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD 1 Jepang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2: Mila Roysa, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Predict Observe Explain, Berpikir Kritis, Media Scrapbook, Tema Panas dan Perpindahannya. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 02:45 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 02:45 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13362 |
Actions (login required)
View Item |