Keefektifan model pembelajaran inkuiri berbantuan media petaku terhadap hasil belajar matematika kelas v sd

PRASWANTI, RAMADHANI PUTRI (2020) Keefektifan model pembelajaran inkuiri berbantuan media petaku terhadap hasil belajar matematika kelas v sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa sehingga dilakukan penelitian pada materi skala dengan model inkuiri berbantuan media petaku. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji perbedaan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan dan aktivitas siswa kelas V SD yang diajar menggunakan model inkuiri berbantuan media petaku dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional, menguji pencapaian KKM hasil belajar aspek pengetahuan siswa SD yang diajar menggunakan model inkuiri berbantuan media petaku, dan menguji peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan sebelum dan sesudah penggunaan model inkuiri berbantuan media petaku. Hasil belajar matematika dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pada ranah pengetahuan dan aktivitas belajar siswa pada ranah keterampilan. Model inkuiri yakni model pembelajaran yang menekankan pada aktivtas siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dituntut aktif untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang ia temukan. Model inkuiri ini juga dipadukan dengan media petaku. Media petaku yaitu media yang dibentuk seperti denah peta Kudus, yang di dalamnya berisi ikon dari kota Kudus yang dapat diexplorasi oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Kidul dan SD 4 Prambatan Kidul. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model inkuiri berbantuan media petaku, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t, uji-z, uji Mann-Whitney, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media petaku tidak lebih baik dari hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri dengan nilai sig 0,526, hal itu dikarenakan beberapa temuan yang ada di lapangan. Sedangkan aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai sig 0,037. Rata-rata siswa pada kelas eksperimen juga memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) baik secara klasikal maupun individual dengan nilai sig 0,01. Tidak hanya itu, terdapat pula peningkatan antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbantuan media petaku yaitu dengan interpretasi peningkatan sedang. Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media petaku pada materi skala, sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan nilai siswa mencapai KKM baik klasikal maupun individu, serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Inkuiri, Petaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:24
Last Modified: 03 Mar 2021 03:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item View Item