NINGSIH, DEWI LESTARI (2020) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berbantuan media mind mapping pada tema daerah tempat tinggalku kelas iv sdn sundoluhur 01. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (442kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (225kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (201kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru. (2) Menganalisis peningkatan aktivitas belajar siswa dengan model Group Investigation berbantuan media mind mapping. Model Group Investigation merupakan model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi untuk mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari. Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka membangun pengetahuan dan keterampilan dalam dirinya melalui kegiatan pembelajaran. Mind mapping adalah model yang di rancang untuk membantu siswa menyusun inti dari pelajaran kedalam bentuk peta atau gambar sehingga siswa lebih mudah memahaminya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Sundoluhur 01 dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation. Variabel terikat pada penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan terhadap keterampilan mengajar guru pada siklus I dengan skor 157 dan persentase rata-rata 78,5% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 181 dan persentase rata-rata 89% dengan kriteria baik. Sedangkan pada aktivitas belajar siklus I dengan skor rata-rata 12,54 dan persentase rata-rata 61% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 17,93 dan persentase rata-rata 90% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Sundoluhur 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku. Peneliti memberikan saran agar model Group Investigation dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan mengembangkan alat peraga yang sesuai dengan materi sehingga siswa menjadi lebih aktif dan mudah mamahami materi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Santoso, M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Group Investigation, Aktivitas Belajar Siswa, Media Mind Mapping. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 03:36 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 03:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13376 |
Actions (login required)
View Item |