Efektivitas model problem based learning Dengan metode resitasi dalam pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd

SETYARINI, PUJI (2020) Efektivitas model problem based learning Dengan metode resitasi dalam pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengukur efektivitas siswa yang di ajar dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas V SD. 2) Mengukur efektivitas siswa yang diajar menggunakan metode resitas terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD. 3)Menganalisis perbedaan efektivitas model Problem Based Learning dengan metode resitasi terhadap pemehaman konsep matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas V SD di Kecamatan Dempet Kabupaten Demak tahun pelajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih empat sampel, yaitu kelas V SDN Baleromo 2 dan Balerejo 1 sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional, sedangkan kelas V SDN Gempoldenok dan SDN Sidomulyo 1 sebagai kelas ekperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Resitasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians (homogenitas), serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Resitasi sebesar 74,08 lebih efektif daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep dengan model konvensional 48,52. Uji perbedaan rata-rata pemahaman konsep diperoleh nilai thitung = 8,952 > ttabel = 1,6595. Hasil perhitungan uji ketuntasan belajar konsep matematika mengunakan model Problem Based Learning dengan metode Resitasi diperoleh thitung = 2,461 < ttabel = 1,675, menunjukkan bahwa H_o ditolak yang berarti rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen > 70. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan metode Resitasi efektif digunakan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Peneliti menyarankan dalam upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran pemahaman konsep matematika, guru sebaiknya menyajikan permasalahan yang menarik bagi siswa, sehingga siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Peneliti selanjutnya dengan model Problem Based Learning dengan metode Resitasi sebaiknya dapat membimbing setiap karakter siswa dengan tepat untuk memahami suatu konsep matematika siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Suad. M.Pd.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning , Metode Resitasi, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2021 19:27
Last Modified: 24 Mar 2021 19:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item