Pengaruh model discovery learning pada kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik

TRIONO, AGUS (2020) Pengaruh model discovery learning pada kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran discovery merupakan model pembelajaran berdasarkan pandangan konstruksivisme. Model pembelajaran discovey menekankan pentingnya pemahaman tetang struktur atau ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu melalui keterlibatan siswa secara aktif didalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru memberikan pertanyaan yang merangsang berpikir siswa dan mendorongnya untuk membaca buku dan aktivitas belajar lain. (2) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan bahan pelajaran dan merumuskannya dalam bentuk hipotesis. (3) Guru memberikan kesempatan kepada siswa mengumpulkan informasi yang relevan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis tersebut. (4) Guru mengolah data yang diperoleh siswa melalui wawancara, observasi dan lain-lain. (5) Guru melakukan pemeriksaan cermat untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan hasil dan pengolahan data. (6) Guru menarik kesimpulan untuk dijadikan prinsip umum yang berlaku untuk semua masalah yang sama. Pembelajaran IPA menitik beratkan pada pemerolehan pengalaman secara langsung melalui pengamatan, observasi dan penyimpulan yang sangat sesuai dengan langkah-langkah discovery leaning. Mapel Bahasa Indonesia dikolaborasikan didalamnya dengan langkah-langkah pembelajaran mengacu pada model yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan design pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan sampel 4 SD. Variabel bebas adalah model discovery learning. Adapun variable terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 Dr. Santoso, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Model discovery learning, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2021 19:59
Last Modified: 24 Mar 2021 19:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item