Pengembangan penilaian tematik berbasis permainan interaktif di sekolah dasar

NIKMAH, FITROTUN (2020) Pengembangan penilaian tematik berbasis permainan interaktif di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Menyusun Desain Pengembangan Penilaian Tematik Berbasis Permainan Interaktif Ular Tangga di Kelas 3 Tema 3 Sekolah Dasar. Dan 2) Untuk Menemukan Efektivitas Model Penilaian Interaktif Berbasis Permainan Metode penelitian yang digunakan disini adalah research and development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan tahapan penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format awal, uji coba awal, revisi produk. revisi produl awal,uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir dan Desiminasi dan Implementasi. Produk divalidasi dan ujicoba untuk mengetahui tingkat keabsahannya secara kualitatif dan kuantitatif melalui uji kredibilitas, uji validitas, uji reabilitas dan analisis butir tes. Dan untuk tingkat efektifitas produk data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini adalah, Pengembangan produk penilaian tematik berbasis permainan interaktif mencakup 4 komponen yaitu prosedur penilaian, teknik penilaian, instrukmen penilaian dan pelaksanaan penilaian. Prosedur penilaian dilakukan dengan tahapan menetukan tujuan penilaian, analisis KIdan KD dan merumuskan kisi-kisi. Teknik penilaian yang dikembangkan adalah jenis penilaian tes tertulis pilihan ganda. Dan untuk instrumen serta pelaksanaan penilaian tematik berbasis permainan ini dikemas dalam bentuk permainan ular tangga dalam pembelajaran dikelas. Hasil validasi oleh ahli diperoleh skor rata-rata 3,7 dan 4,2, produk pengembagan masuk pada kategori baik untuk digunakan karena memiliki nilai 3,4 <X≤4,2 dan validasi oleh guru yang diperoleh skor total keseluruhan sebesar 254 dengan rata-rata 4,2 atau sebesar 85% dari total skor keseluruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa penilaian tematik berbasis permainan interaktif layak untuk digunakan. Untuk tingkat kefektifitasannya, diperoleh hasil t_(hitung )>t_(tabel ) dengan nilai sign.0,00<0,05.. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara produk yang dikembangkan dengan hasil belajar siswa. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) hendaknya guru mampu membangkitkan dan meningtkan respon serta rasa ingin tahu siswa pada materi multicultural melalui nilai kearifan lokal di kabupaten jepara., dan 2) produk yang dikembangkan hanya terbatas pada kelas III tema 3 “Benda di sekitarku” saja. Maka kedepan diharapkan dapat mengembangkan semua tema pada kelas III sekolah dasar dan memiliki kedalaman serta keluasan materi melebihi cakupan materi pada buku guru dan siswa kurikulum 2013.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Penilaian Tematik, Penilaian Berbasis Permainan, Permainan Interaktif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2021 20:11
Last Modified: 24 Mar 2021 20:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item View Item