Pengaruh supervisi akademik dan pelatihan ptk terhadap kompetensi profesional guru sd Se-kecamatan undaan kabupaten kudus

ARIBOWO, ARIBOWO (2020) Pengaruh supervisi akademik dan pelatihan ptk terhadap kompetensi profesional guru sd Se-kecamatan undaan kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Berbagai langkah telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru diantaranya adalah supervisi akademik dan pelatihan PTK. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru SD se- Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, 2) mengetahui pengaruh pelatihan PTK terhadap kompetensi profesional guru SD se- Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, 3) mengetahui pengaruh supervisi akademik dan pelatihan PTK terhadap kompetensi profesional guru SD se- Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Guru diera revolusi industri 4.0 dituntut bekerja dengan profesional. Apalagi dengan adanya tunjangan profesi guru harus lebih profesional dalam bekerja. Berdasar hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 Guru di Kecamatan Undaan mendapatkan nilai rata-rata 62,47 dengan presentase guru yang tidak lulus KKM 28,10 %. Berdasarkan fenomena seperti tersebut di atas, memberikan gambaran nyata bahwa kompetensi profesional guru SD masih menjadi fokus permasalahan yang mendesak untuk segera dicarikan solusinya agar kompetensi profesional guru SD dapat ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden sebanyak 111 orang yang dipilih menggunakan teknik purposif sampling yang diambil dari jumlah populasi guru PNS SD se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Validitas data menggunakan validitas konstruk dengan cara experrt judgment. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berupa regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap guru SD termasuk dalam kriteria cukup baik. Besar pengaruhnya secara keseluruhan supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru SD sebesar 32,0%. Pelatihan PTK yang telah dilaksanakan termasuk dalam kriteria cukup baik. Besar pengaruhnya secara keseluruhan Pelatihan PTK terhadap kompetensi profesional guru SD sebesar 39,1%. Kompetensi profesional guru yang telah dilaksanakan termasuk dalam kriteria cukup baik. Kemudian secara keseluruhan supervisi akademik dan Pelatihan PTK berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru SD sebesar 46,4%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Su’ad, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pelatihan PTK, Kompetensi Profesional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2021 20:19
Last Modified: 24 Mar 2021 20:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item View Item