Pengembangan buku saku literasi berbasis cerpen-gram (busali cerpen-gram) untuk penguatan karakter multikultural siswa sd Di kabupaten pati

MUID, KHOERI ABDUL (2020) Pengembangan buku saku literasi berbasis cerpen-gram (busali cerpen-gram) untuk penguatan karakter multikultural siswa sd Di kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I .pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan “Busali Cerpen-Gram”; (2) menganalisis kelayakan “Busali Cerpen-Gram”; dan (3) menguji keefektifan “Busali Cerpen-Gram” untuk penguatan karakter multikultural pada siswa SD kelas tinggi di Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model Borg & Gall. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket dan skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) “Busali Cerpen-Gram” berhasil dikembangkan melalui 10 tahap, yakni: a) identifikasi potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi produk I, f) uji coba produk, g) revisi produk II, h) uji coba pemakaian, i) revisi produk akhir, j) produksi massal. “Busali Cerpen-Gram terdiri dari 4 bagian, yakni bagian cover (depan dan belakang), bagian preliminary (halaman judul, catatan hak cipta, persembahan, kata pengantar, pendahuluan yang terdiri dari cara memainkan “Busali Cerpen-Gram” beserta contohnya), bagian isi (terdiri dari 12 antologi cerpen berkonten nilai-nilai multikultural dilengkapi dengan format tugas mengisi cerpen-gram multikultural bagi siswa), bagian postliminary (daftar pustaka dan biodata penulis, lampiran contoh evaluasi). (2) Uji kelayakan validator materi, “Busali Cerpen-Gram” mendapat persentase 91,67% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan yang dilakukan kepada validator media mendapat persentase 88,33% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program EXEL, pada output diketahui t hitung = -16,210, jatuh pada penerimaan Ha atau H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa efektivitas “Busali Cerpen-Gram” terhadap karakter multikultural siswa sesudah penggunaan “Busali Cerpen-Gram” lebih baik daripada sebelum menggunakan “Busali Cerpen-Gram”. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran “Busali Cerpen-Gram” yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan penguatan karakter multikultural siswa SD kelas tinggi di Kabupaten Pati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Su’ad, M.Pd., pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: cerpen-gram, pendidikan karakter, buku saku, multikultural.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2021 20:29
Last Modified: 24 Mar 2021 20:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

View Item View Item