PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

SUBIYANTI, SRI (2020) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pendidikan karakter siswa di Kabupaten Pati, 2) memaparkan model faktual pendidikan karakter di sekolah dasar, 3) memaparkan prototipe (desain rancangan) pendidikan karakter berbasis gerakan literasi di sekolah dasar Gugus RA Kartini Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, 4) menguji efektivitas modul pendidikan karakter berbasis gerakan literasi di sekolah dasar Gugus RA Kartini Kecamatan Jaken Kabupaten Pati, dan 5) mendeskripsikan dampak penggunaan modul pendidikan karakter berbasis gerakan literasi di sekolah dasar Gugus RA Kartini Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R n D). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan uji t untuk mengetahui efektivitas modul pendidikan karakter berbasis gerakan literasi di sekolah dasar pada karakter siswa Gugus RA Kartini. Uji instrumen angket menggunakan validitas dan reliabilitas, sedangkan kualitas modul dalam penelitian menggunakan validasi ahli. Hasil penelitian diperoleh data bahwa 1) pendidikan karakter siswa di Kabupaten Pati sudah terlaksana dengan baik dengan terintegrasi dalam pembelajaran dan melalui pembekalan pendidikan karakter kepada siswa dan guru; 2) model faktual pendidikan karakter di SD umumnya terintegrasi dengan pembelajaran dengan berpedoman pada buku panduan dari Kemdikbud, 3) prototipe pendidikan karakter berbasis GLS dirancang dalam bentuk modul melalui beberapa tahap, yaitu (a) potensi dan masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain, (e) revisi desain, (f) uji coba produk, (g) produk jadi; 4) hasil angket menunjukkan rata-rata karakter siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan modul mengalami peningkatan yang awalnya hanya 47,54% menjadi 77,62%. t-test berkorelasi uji fihak kanan menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak karena t hitung = -121,696 dan t tabel = 1,86 dengan α = 5% sehingga efektivitas modul terhadap karakter siswa sesudah penggunaan modul lebih baik daripada sebelum menggunakan modul; 5) dampak penggunaan modul dapat memperbaiki karakter siswa, mencegah munculnya karakter negatif, dan meningkatkan minat baca siswa. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) siswa perlu mengaplikasikan pendidikan karakter yang ia peroleh melalui pembiasaan, 2) guru sebaiknya memberikan keteladanan yang baik dan membimbing siswa serta memotivasi dalam kegiatan pendidikan karakter, 3) sekolah memfasilitasi kegiatan pendidikan karakter supaya berjalan dengan konsisten dan konsekuen.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Murtono, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Su'ad, M.Pd
Kata Kunci: Modul, pendidikan karakter, gerakan literasi sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2021 21:58
Last Modified: 24 Mar 2021 21:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item