Mahardika, Nur Layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan kepekaan sosial. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Penguatan Lesson Study & Konseling Anak Dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar di Era 4.0. ISSN 978-623-7312-58-1
Preview |
Image (cover)
cover.jpg - Published Version Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text (hal. depan)
Halaman Depan.pdf - Published Version Download (283kB) | Preview |
Preview |
Text (artikel)
Artikel-LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL.pdf - Published Version Download (612kB) | Preview |
Preview |
Text (peer review)
Peer_Prosiding_Presentasi.pdf - Published Version Download (572kB) | Preview |
Preview |
Text (hasil cek plagiasi)
Turnitin-LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning untuk meningkatkan kepekaan sosial pada siswa kelas VII B di SMP N 5 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020, 2. Memperoleh peningkatan kepekaan sosial sesudah penerapan layanan BKP experiental learning pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 5 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VII F sebanyak 9 siswa berkategori perilaku kepekaan sosial rendah. Hasil penelitian diketahui kepekaan sosial siswa pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 13,44 dengan kategori Sangat Kurang, hasil siklus I memperoleh skor rata-rata 22,26 dengan kategori Kurang, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 36,40 dengan kategori Baik. Simpulan penelitian terjadi peningkatan kepekaan sosial setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik experiential learning pada siswa kelas VII F SMP N 5 Kudus, sehingga Ha dapat diterima dan Ho ditolak, hal ini terbukti setelah pemberian layanan mendapatkan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti yang diperoleh peneliti sebagai berikut: siklus I pertemuan pertama dengan skor 31 (SK), pertemuan kedua dengan skor 36 (K), pertemuan ketiga dengan skor 52 (C). Siklus II pertemuan pertama dengan skor 57 (C), pertemuan kedua dengan skor 73 (B), pertemuan ketiga dengan skor 86 (SB). Kepekaan sosial siswa pada pra siklus skor rata-rata siswa 13,44 kategori Sangat Kurang. Pada siklus I skor rata-rata siswa 21,22 dengan kategori Cukup. Pada siklus II skor rata-rata siswa 41,44 dengan kategori Sangat Baik. Sehingga mengalami peningkatan sebesar skor sebanyak 28 dari pra siklus ke siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | Kepekaan Sosial, Bimbingan Kelompok, Experiential Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 19:03 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 19:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13469 |
Actions (login required)
View Item |