Kepuasan erja memediasi komitmen organisasi, komitmen profesional dan kepribadian terhadap organizational citizenship behaviorpada perangkat desa (studi kasus di desa pada kecamatan jati kabupaten kudus)

TRIYONO, TRIYONO (2020) Kepuasan erja memediasi komitmen organisasi, komitmen profesional dan kepribadian terhadap organizational citizenship behaviorpada perangkat desa (studi kasus di desa pada kecamatan jati kabupaten kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
hal depan.pdf - Accepted Version

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAKSI.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Komitmen pegawai terhadap organisasi dan terhadap pekerjaannya merupakan hal yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan dapat mempengaruhi perilaku prososial pegawai dalam menjalankan tugasnya (Organizational Citizenship Behavior/OCB). Kepribadian pegawai dalam kesehariannya turut berperan serta dalam pencapaian kepuasan kerja dan timbulnya perilaku prososial tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepuasan kerja memediasi pengaruh komitmen organisasi, komitmen profesional dan kepribadian terhadap perilaku OCB pada perangkat desa Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah para perangkat desa pada Kecamatan Jati Kabupaten Kudus sebanyak 203 perangkat desa. Sampel dalam penelitian sebanyak 145 responden. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel kepribadian berpengaruh paling kuat dalam peningkatan kepuasan kerja perangkat desa di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Komitmen organisasi juga berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan kerja perangkat desa meskipun tidak sekuat pengaruh kepribadian. Komitmen profesional merupakan variabel yang paling lemah berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan kerja perangkat desa. Variabel yang berpengaruh paling kuat terhadap peningkatan OCB perangkat desa adalah kepribdian, hal ini menjelaskan bahwa semakin baik tingkat kepribadian yang dimiliki maka semakin baik tingkat OCB perangkat desa. Variabel kepuasan kerja juga berpengaruh terhadap peningkatan OCB perangkat desa sehingga semakin merasa puas maka OCB perangkat desa akan meningkat. Hasil pengujian hipotesis pengaruh tidak langsung antar variabel dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepribadian terhadap OCB pegawai yang dimediasi kepuasan kerja, dan mempunyai pengaruh paling kuat dibandingkan dengan komitmen organisasi dan komitmen profesional terhadap OCB pegawai yang dimediasi kepuasan kerja. Kepuasan kerja memperkuat pengaruh komitmen organisasi, komitmen profesional, dan kepribadian terhadap OCB perangkat desa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Drs. Ag, Sunarno H, SH, S.Pd, MM Pembimbing 2 Dr. Kertati Sumekar, SE, MM
Kata Kunci: Komitmen organisasi, komitmen profesional, kepribadian, kepuasan kerja dan Organizational Citizenship Behavior/OCB
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Apr 2021 20:37
Last Modified: 05 Apr 2021 20:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13494

Actions (login required)

View Item View Item