Bagaimana penanganan anak disleksia dengan model vakt berdasarkan tinjauan psikolinguistik Di sekolah disleksia cendekia kabupaten kudus?

Hanif, Sajida Laila (2020) Bagaimana penanganan anak disleksia dengan model vakt berdasarkan tinjauan psikolinguistik Di sekolah disleksia cendekia kabupaten kudus? Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
SEMUA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan anak disleksia dengan Model VAKT dan bagaimana tinjauan psikolinguistik dari hal tersebut di Sekolah Disleksia Cendekia Kabupaten Kudus yang dijabarkan berikut ini: (1) Mendeskripsikan temuan anak-anak Disleksia di Kabupaten Kudus, (2) Mendeskripsikan cara pendiagnosisan anak dengan disleksia di Sekolah Disleksia Cendekia Kabupaten Kudus, (3) Mendeskripsikan proses pemberian terapi bagi kesulitan anak dengan disleksia di Sekolah Disleksia Cendekia Kabupaten Kudus, serta (4) Mendeskripsikan kesulitan yang di alami anak dengan disleksia di Sekolah Disleksia Cendekia Kabupaten Kudus. Disleksia merupakan suatu sindrom kesulitan mempelajari komponen kata dan kalimat, serta dalam belajar segala sesuatu mengenai arah, masa, dan waktu. Model VAKT sebagai penanganan untuk anak disleksia adalah Model yang mengaktifkan seluruh modalitas dalam diri anak antara lain visual (penglihatan), auditory (pendengaran), kinesthetic (gerak), dan tactile (perabaan). Sedangkan psikolinguistik merupakan disiplin ilmu mengenai penggunaan bahasa dan pemerolehan bahasa. Psikolinguistik mempelajari manusia dan perkembangan bahasanya. Perkembangan bahasa pada anak normal tentu akan sesuai dengan usia mereka, akan tetapi berbeda dengan anak penderita disleksia yang mengalami kelainan fungsi otak sehingga menyebabkan keterlambatan berbahasa dan kesulitan dalam belajar membaca. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi partisipasi, serta dokumentasi. Deskripsi diagnosis dilakukan pada anak disleksia yang telah mengikuti terapi beberapa bulan sejumlah 5 anak dengan tingkat kecerdasan intelegensi normal yang berkisar antara 85 sampai dengan 100. Hasilnya menunjukkan bahwa anak dengan kategori disleksia rata-rata memiliki kesulitan dalam mengingat, menyebutkan, membaca, dan menulis huruf serta angka. Simpulannya antara lain: (1) Anak disleksia ditemukan di 9 sekolah di Kudus, (2) Penegakan status disleksia perlu adanya identifikasi dan diagnosis dari psikolog, (3) Proses pemberian terapi berdasarkan tingkat kesulitan yang dialami anak disleksia, dan (4) Setiap anak mempunyai kemampuan atau identifikasi masalah yang berbeda. Namun adanya Model VAKT yang diaplikasikan di Sekolah Disleksia Cendekia Kudus sedikit demi sedikit telah memberikan kemajuan bagi kesulitan yang dialami anak dengan disleksia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Achmad Hilal Madjdi, M. Pd. Dr. Slamet Utomo, M. Pd.
Kata Kunci: Disleksia, Model VAKT, dan Psikolinguistik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Apr 2021 18:56
Last Modified: 08 Apr 2021 18:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item