Fitria, Ayuk (2020) Pengembangan media tiga dimensi Berbasis kearifan lokal batik bakaran Pada pembelajaran matematika kelas v mi. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
1. Hal Judul.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (272kB) | Preview |
Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Bab 6)
7. BAB VI.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan media tiga dimensi berbasis keaifan lokal batik Bakaran, mendeskripsikan hasil uji keefektifan media tiga dimensi berbasis keaifan lokal batik Bakaran pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang untuk siswa kelas V MI. Perancangan media pembelajaran tiga dimensi menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan desain pengembangan. Tahapan-tahapan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Implementasi dari pengembangan media tiga dimensi berbasis keaifan lokal batik Bakaran pada mata pelajaran matematika dilakukan melalui evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Evaluasi sumatif terdiri dari uji ahli materi dan uji ahli media untuk mengetahui kevalidan media tiga dimensi berbasis keaifan lokal batik Bakaran, apakah sudah sesuai sehingga dapat diterapkan. Sedangkan evaluasi formatif berupa uji lapangan, dilakukan di tiga sekolah yaitu di kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Raci, MI Miftakhul Huda Tlogomojo, dan MI Misbahul Falah Klayusiwalan. Hasil prototype media tiga dimensi berbasis kearifan lokal bati Bakaran meliputi media tiga dimensi manual, game puzzle power point, dan buku petunjuk. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media tiga dimensi berbasis kearifan lokal batik Bakaran efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari uji t di MI Tarbiyatul Islamiyah Raci diperoleh 8,36 > 1,730, MI Miftahul Huda Tlogomojo di peroleh 13,11 > 2,079, dan MI Misbahul Falah Klayusiwalan di peroleh 7,290 > 2,020. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel maka Ha diterima dan penggunaan media tiga dimensi efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan dari penggunaan media tiga dimensi berbasis kearifan lokal batik Bakaran yang dilakukan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, media tiga dimensi berbasis kearifan lokal batik Bakaran layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Suad, M. Pd. Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. |
Kata Kunci: | Pengembangan Media Tiga dimensi, Kearifan Lokal Batik Bakaran. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 19:28 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 19:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13544 |
Actions (login required)
View Item |