Pengaruh penggunaan model think talk write Dan media komik terhadap kemampuan Berpikir kritis siswa kelas iv dalam Tema ii di sekolah dasar gugus Sultan agung kecamatan

Hartani, Anisa (2020) Pengaruh penggunaan model think talk write Dan media komik terhadap kemampuan Berpikir kritis siswa kelas iv dalam Tema ii di sekolah dasar gugus Sultan agung kecamatan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan model think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis dalam tema II. Menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan media komik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam tema II. Menenganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan model think talk write dan media komik terhadap kemampuan berpikir kritis siwa dalam tema II serta, menganalisis seberapa perbedaan penggunaan model think talk write dan media komik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam tema II. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang berkaitan dengan kegiatan mental guna menemukan kebenaran dari suatu informasi yang disajikan secara jujur melalui beberapa kegiatan evaluasi seperti mengidentifikasi masalah, membuat simpulan dari data, membuat simpulan lebih lanjut, dan mengevaluasi bukti. Model think talk write adalah model pembelajaran kooperatif yang mampu melatih kemampuan berpikir siswa melalui tiga tahapan pembelajaran meliputi think, talk, dan Write. Media komik merupakan pengembangan media pembelajaran yang diterapkan sebagai penyampaian informasi dari bacaan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah menguji seberapa besar pengaruh dan perbedaan penggunaan model dan media terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam tema II. Penelitian eksperimen dilaksanakan di kelas IV SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Mejobo dengan subjek penelitian berjumlah empat sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan dengan pemilihan kelas eksperimen dan kontrol melalui teknik sampel pada populasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian pengaruh dan perbedaan penggunaan model TTW, media komik, dan model TTW dan media terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil uji t. Berdasarkan hasil uji diperoleh keputusan t_hitug>t_tabel dan taraf signifikasi > 0,05 Ha = diterima dan Ho = ditolak. Pengaruh positif penggunaan model TTW sebelum sebesar 64,90 setelah 80,10. Penggunaan media komik sebesar 65,19 menjadi 85,50 dan penggunaan model dan media sebesar 65,40 menjadi 86,10. Perbedaan penerapan model dan media berdasarkan hasil uji N-gain score persen (%) sebesar 41,33% pada kelas eksperimen I dengan kategori kurang efektif dan eksperimen II sebesar 57,22% dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan penggunaan model TTW dan media komik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam tema II.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. Dr. Suad, M. Pd.
Kata Kunci: Model Think Talk Write, Media Komik, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Apr 2021 19:37
Last Modified: 08 Apr 2021 19:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item