Meningkatkan sikap sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik psikodrama pada siswa kelas Xi bahasa di sma negeri 2 rembang

Rahmad, Alfin Syaiful (2020) Meningkatkan sikap sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik psikodrama pada siswa kelas Xi bahasa di sma negeri 2 rembang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSATAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk. meningkatkan Sikap Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa Kelas XI-Bahasa SMA NEGERI 2. Untuk memperoleh peningkatan perilaku sikap sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama pada siswa Kelas XI-Bahasa SMA NEGERI 2. Perilaku sikap sopan santun adalah Sopan santun adalah sikap dan perilaku seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, serta dalam situasi dan kondisi apapun, yang dapat diobservasi masih ada siswa yang berbicara keras dan kotor, ada beberapa siswa yang membentak guru ketika ditegur, ada beberapa siswa yang menerima sesuatu tidak menggunakan tangan kanan, ada siswa yang tidak berpakaian rapi dan sopan saat guru masuk kelas, siswa jika masuk kelas ada gurunya tidak berjabat tangan kepada gurunya, ada siswa masih membuang sampah di sembarangan tempat, berbicara dengan teman saat pelajaran, siswa tidak minta ijin keluar/masuk kelas saat ada gurunya, tidak menghormati guru saat guru menerangkan pelajaran, ada beberapa siswa tidak memberi salam ketika bertemu guru dijalan. Dalam layanan bimbingan kelompok ini peneliti menggunakan teknik psikodrama. Penggunaa teknik psikodrama membuat stimulus yang melekat pada siswa menggunakan drama Hasil Penelitian ini yang dilakukan adalah kondisi pra siklus skor jumlah Sikap Sopan Santun dari 8 subjek siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 2 Rembang adalah dengan 136 presentase 43% dalam kategori Sangat Kurang, pada akhir siklus I skor jumlah sikap sopan santun adalah jumlah skor 184 presentase 58% kategori Kurang dan pada akhir kegiatan siklus II jumlah kondisi sikap sopan santun dari 8 siswa kelas XI- Bahasa adalah jumlah skor 264 presentase 83% dalam kategori baik. Selain itu juga disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang peneliti membuat pada bab II yang berbunyi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama dapat meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas XI- Bahasa SMA Negeri 2 Rembang, dinyatakan diterima. Sudah mulai menjaga perkataan, Sudah mulai sopan santun kepada guru dan tidak membentak, siswa sudah mulsi merima barang dengan mengunakan tangan kanan, sekarang siswa sudah berpaikaan rapi saat sekolah, siswa sudah menjaga perilaku peduli dengan lingkungan, siswa sudah menaati tata tertib yang ada di sekolah, siswa sudah mulai menghargai guru saat di dalam kelss, sekarang siswa sudah memperbaiki perilakunya memberi salam ketika bertemu guru di jalan. Berdasarkan simpulan, saran dari peneliti adalah: 1.Kepala Sekolah: diharapkan untuk dapat memfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan pemberian layanan yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling bagi pserta didik atau siswa 2. Konselor Konselor diharapkan dapat menggunakan sebagai acuan atau panduan dalam memaksimalkan pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah. khususnya menggunakan layanan bimbingan kelompok agar layanan bimbingan konseling dapat membantu siswa secara seutuhnya bisa mengatasi memecahkan permasalahan yang dimiliki siswa terhadap sikap sopan santun siswa 3. Bagi Siswa: siswa memiliki peningkatan sikap sopan santun awalnya yang rendah menjadi lebih baik dalam sikap sopan santunnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M. Pd., Kons. Nur Mahardika, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Perilaku Sikap Sopan Santun, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2021 00:44
Last Modified: 14 Apr 2021 19:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item View Item