Peningkatan kepatuhan tata tertib sekolah melalui bimbingan kelompok teknik self management pada Siswa kelas xi ma miftahut thullab pati

Ubaidillah, Muhammad Luthfi (2020) Peningkatan kepatuhan tata tertib sekolah melalui bimbingan kelompok teknik self management pada Siswa kelas xi ma miftahut thullab pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan keterampilan peneliti Layanan Bimbingan Kelompok teknik Self Management dalam meningkatkan kepatuhan tata tertib sekolah pada siswa kelas XI MA Miftahut Thullab Pati. 2. Mendeskripsikan peningkatan kepatuhan tata tertib sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok teknik Self Management pada siswa kelas XI MA Mitfahut Thullab Pati. Tata tertib sekolah merupakan pola aktivitas siswa kelas XI MA Miftahut Thullab Pati di sekolah yang selalu menaati setiap aturan yang tertulis dan tidak tertulis yang diberlakukan di MA Miftahut Thullab Pati. Layanan bimbingan kelompok teknik self management merupakan layanan dalam bimbingan kelompok yang digunakan oleh peneliti dalam meningkatkan kepatuhan siswa kelas XI MA Miftahut Thullab dalam menaati tata tertib sekolah dengan mengajarkan kemampuan mengelola diri (self management) pada anggota kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahut Thullab Pati yang beralamat di Jl. Pati-Purwodadi Km. 20 Desa Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Penelitian ini berlangsung dalam periode tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak tujuh siswa kelas XI MA Miftahut Thullab sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui pra siklus siswa memperoleh skor rerata 19,04 (38%) kategori (Rendah), siklus I siswa memperoleh skor rerata 27,28 (55%) kategori (Cukup). Siklus II siswa memperoleh skor rerata 39,75 (80%) kategori (Tinggi). Kesimpulan dalam penelitian ini: 1. Pelaksanaan bimbingan kelompok teknik self management dalam meningkatkan kepatuhan tata tertib sekolah pada siklus I diperoleh skor 54% kategori (Cukup). Pada siklus II diperoleh skor 73% kategori (Baik). 2. Kepatuhan tata tertib sekolah melalui bimbingan kelompok teknik self management siswa kelas XI MA Miftahut Thullab Pati telah mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I diperoleh skor 55% kategori (Cukup), siklus II diperoleh skor 80% kategori (Tinggi), jadi ada peningkatan 25%. Saran yang disampaikan peneliti pada penelitian ini sebagai berikut: 1. Siswa hendaknya menjaga kepatuhan tata tertib sekolah sebagai perwujudan pribadi yang cinta kepada sekolah dan sikap hormat dan taat kepada guru. 2. Guru bimbingan dan konseling MA Miftahut Thullab Pati hendaknya memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa secara berkala, tidak hanya bersifat kuratif sehingga hambatan-hambatan siswa di sekolah dapat terentaskan dengan baik dan tujuan sekolah sebagai instansi pendidikan dapat berjalan dengan baik. 3. Kepala sekolah hendaknya memberikan menggunakan hasil penelitian sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan dalam optimalisasi peran guru bimbingan dan konseling di MA Miftahut Thullab Pati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Masturi, M. M Dra. Sumarwiyah, M. Pd., Kons.
Kata Kunci: Kepatuhan Tata Tertib Sekolah, Bimbingan Kelompok Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2021 01:06
Last Modified: 14 Apr 2021 01:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13568

Actions (login required)

View Item View Item