Mengurangi perilaku bullyingmelalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa Kelas xi ips 1 ma miftahut thullab

Widodo, Teguh (2020) Mengurangi perilaku bullyingmelalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa Kelas xi ips 1 ma miftahut thullab. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku bullyingsiswa kelas XI IPS 1 MA Miftahut Thullab, 2. Memperoleh pengurangan perilaku bullyingsiswa kelas XI IPS 1 MA Miftahut Thullab melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management. Bullying merupakan suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita. Oleh karena itu, untuk mengurangi perilaku bullying siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subyek yang diteliti adalah 8 siswa dari kelas XI IPS 1. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan 4 tahap di setiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitianperilaku bullyingsiswa pada pra siklus memperoleh 10 skormasuk kategori sering.Pada Siklus I memperoleh 15 skor dengan kategori Kadang-kadang yang mengalami peningkatan 5 skor dari pra siklus. Pada Siklus II aspek perilaku bullying mendapatkan hasil sebesar 20 skor dengan kategori Tidak pernah,perilaku bullying siswa mengalami peningkatan sebesar 5 skor dari siklus I. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadi Pengurangan pada Perilaku Bullying Siswa Setelah diberi Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management pada Siswa Kelas XI IPS 1 MA Miftahut Thullab dapat diterima, hal ini terbukti perilaku bullying siswa mengalami peningkatan sebesar 5 skor dari siklus I ke siklus II.Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Disarankan kepada: 1. Siswa, diharapkan secara sadar mengetahui tidak pentingnya memiliki perilaku bullyingkepada orang lain. 2. Guru BK, dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik self management lanjutan untuk mengurangi perilaku bullying siswa. 3. Peneliti, dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau referensi untuk mengembangkanpenelitian layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku bullying siswa. 4. Kepala Sekolah, dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan bimbingan dan konseling.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons. Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2021 19:42
Last Modified: 14 Apr 2021 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item