Penerapankonselingbehavioristik teknikhomework assigment untuk mereduksi perilaku percaya diri rndah pada siswa sma n 1 karanganyar demak

Nisya’, Pitratun (2020) Penerapankonselingbehavioristik teknikhomework assigment untuk mereduksi perilaku percaya diri rndah pada siswa sma n 1 karanganyar demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal, Judul.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan perilaku tidak percaya diri pada siswa SMA N 1 Karanganyar Demak, 2. Untuk teratasinya perilaku tida percaya diri melalui pendekatan BehavioristikTeknikHomework assigment pada siswa SMA N 1 Karanganyar Demak. KonselingBehavioristik adalah prosese pemberian bantuan kepada klien oleh konselor untuk mempelajari tingkah laku yang menyimpang yang bersumber dari hasil belajar lingkungan dalam penelitian ini tingkah laku tidak percaya diri dimana siswa memiliki ciri-ciri dalam proses pembelajaran disekolah seperti selalu menyendiri, tidak berani mengespesikan diri (pemalu), selalu melamun, sulit menyesuaikan diri, berfikiran negative. Dengan menggunakan konseling behavior diharapkan ada perubahan tingkah laku terhadap percaya diri rendah. Dalam penelitian ini menggunakan konseling behavioristic juga dibantu dengan teknik homemork assignment, yaitu cara untuk melatih klien dengan cara di beri tugas rumah untuk malatih membiasakan diri serta menginternalisasikan system nilai tertentu yang menentukan pola tertentu sesuai dengan yang di harapkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Karanganyar Demak yang memiliki tingkat percaya diri rendah sebanyak 2 siswa. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil dari mengumpulan data oleh peneliti yaitu pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, sehingga mendapatkan data yang akurat terhadap permasalah yang diteliti yaitu permasalahan tentang tidak percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku tidak percaya diri adalah berfikiran negatif, menutup diri, jarang bergaul, dan takut terhadap kegagalan dan penolakan. Akan tetapi dalam penanganan kasus yang peneliti laksanakan kepada peserta SMA N 1 Karanganyar demak terkait perilaku percaya diri yang rendah menggunakan pendekatan behavioristik teknik homework asignment telah menunjukka hasil yang baik, walaupun tidak dapat maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari tiga tahap konseling yang telah dilaksanakan. Tiga tahap tersebut meliputi yang pertama telah menunjukkan adanya perubahan sikap, yang kedua perubahan sikap dan perilaku, dan yang ketiga konseli telah menunjukkan perubahannya tidak hanya dari sekedar penilaian sekilas, akan tetapi dapat dilihat dari bagaimana dia bergaul dan bersikap terhadap teman-temannya di kelas, maupun di luar kelas. Bahkan di rumahpun konseli telah mulai aktid berinteraksi dengan teman dan tentangganya yang sebelum diberikan stimulus dari konselor secara total menutup diri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2: Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: KonselingBehvioristik, TeknikHomework Assigment, TidakPercaya Diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Apr 2021 20:02
Last Modified: 14 Apr 2021 20:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item