Murniati, Sri (2020) Pengembangan media e book interaktif pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap kewirausahaan siswa sekolah dasar di kabupaten demak. Master thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (669kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (982kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (231kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis media e book interaktif pada pembelajaran tematik, untuk menyusun desain pengembangan media e book interaktif pada pembelajaran tematik, dan untuk menerapkan efektifitas media e book interaktif pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan sikap kewirausahaan siswa sekolah dasar di Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan research and development Brog and Gill dengan langkah yaitu: 1) Studi Pendahuluan; 2) Studi Pengembangan dan Validasi Model; 3) Uji Lapangan; 4) Diseminasi dan Sosialisasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 87 siswa Kelas VI di SDN Purwosari 1, dan SDN Bedono 2 sebagai kelas eksperimen dan 103 siswa kelas VIdi SDN Karangasem 1 dan SDN Kalisari 3 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0. Data keefektifan media e book interaktif dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05 . Desain media pembelajaran yang dikembangkan berupa media Pembelajaran terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 52, 25,20 dan 51 kriteria skor valid. Penggunaan pembelajaran efektif membangun sikap kewirausahaan yang terbukti dari peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen adalah hampir sama, yaitu 28,35 kelas kontrol dan 29,43 kelas eksperimen. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest siswa pada kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 36,38 dan 37,49. Hasil uji t diperoleh hasil t hitung > t tabel, yaitu 11,036 > 1,969 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikansi 0,012< α = 0,05. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 95,2% dan 98,7% dari kriteria minimal 75,01%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media e book interaktif pada pembelajaran tematik, dapat digunakan dalam pembelajaran siswa kelas VI tema 5 dan dapat meningkatkan sikap kewirausahaan siswa sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media, E book, Interaktif, Tematik, Sikap Kewirausahaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 20:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 20:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13581 |
Actions (login required)
View Item |