Pengaruhteknik survey question read reflect recitereview (sq4r) dan teknik skema terhadap kemampuan membaca pemahaman matapelajaran bahasa indonesia pada siswa sd negeri kelas iii Di kecamatan karanganyar demak

SULIKHAH, SULIKHAH (2020) Pengaruhteknik survey question read reflect recitereview (sq4r) dan teknik skema terhadap kemampuan membaca pemahaman matapelajaran bahasa indonesia pada siswa sd negeri kelas iii Di kecamatan karanganyar demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
0. Bagian Depan.pdf - Accepted Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
1. BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
2. Bab 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
3. BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
4. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
5. BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
6. BAB 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh TeknikSurvey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Teknik Skema terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri di Karanganyar Demak. Teknik sampling dengan purposive sampling. Besar sampel sebanyak 40 responden di SDN Undaan Kidul I dan 40 responden di SDN Cangkring B. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik Analisa data menggunakan uji paired t Test dan Mann Whitney. Hasil penelitian mendapatkan skor sebelum tindakan SQ4R adalah 32,5% dengan kategori belum tuntas dan 67.5% kategori tuntas. Tahap posttest mendapatkan skor 87,92% dengan kategori baik (tuntas). Pada tindakan Skema mendapatkan skor sebelum tindakan 37,5% dalam kategori belum tuntas dan 62,5% kategori tuntas. Pada tahap posttest mendapatkan skor 80,75% dengan kategori baik (tuntas). Hasil uji Paired Samples T Test untuk tindakan SQ4R mendapatkan nilai p 0,004 dan pada skema (p 0,001) sehingga menunjukkan adanya pengaruh TeknikSurvey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Skema terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil analisa Mann Whitney didapatkan p 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan pengaruh TeknikSurvey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Teknik Skema terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Teknik SQ4R, Teknik Skema, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Apr 2021 22:39
Last Modified: 16 Apr 2021 22:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item