Samroni, Slamet Muchamad (2020) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan think pair share terhadap kualitas pembelajaran matematika pada siswa sd kelas vi gugus diponegoro. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Depan)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (824kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (625kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kualitas pembelajaran terpenuhi jika segala aspek yang mendukung proses pembelajaran terpenuhi. Suatu pembelajaran dikatakan berkualitas jika adanya sinergi antara sinergis guru, siswa, kurilukulum dan bahan belajar,media, fasilitas, dan sistem pembelajarannya yang menjadikan hasil pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Guru masih dominan dalam pembelajaran dan ketergantungan siswa terhadap guru harus dikurangi. Peneliti mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dan think pair share terhadap kualitas pembelajaran pada siswa SD Kelas VI di Gugus Diponegoro Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksprimen dengan tehnik penelitian melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 72 Gugus Sekolah dengan data 5.101 guru dan 96.022 siswa dengan sampel Gugus Diponegoro pada siswa kelas VI SD Negeri Wonosari, SD Negeri Jali 2, dan SD Negeri Weding 4. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap kualitas pembelajaran matematika, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 84,83 dan ketuntasan belajar 97%. Pengaruh model pembelajaran think pair share, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 82,73 dan ketuntasan belajar 95%. Nilai t sat atau F hitung = 0,821sedangkan t critical two-tail atau t tabel sebesar 2,014. Maka kesimpulan Ho pengaruh perlakuan kelas eksprimen diterima karena F hitung < F tabel yaitu 0,821<2,014. Berdasarkan penelitian guru disarankan perlu meningkatkan kualitasnya dan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar kualitas pembelajaran siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Santoso, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Think Pair Share, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Apr 2021 20:49 |
Last Modified: | 18 Apr 2021 20:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13630 |
Actions (login required)
View Item |