Meningkatkan penyesuian diri terhadap teman sejawat melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama

Cahyati, Nor (2020) Meningkatkan penyesuian diri terhadap teman sejawat melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penyesuaian diri adalah proses bagaimana individu mencapai keseimbangan hidup dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungan. Layanan bimbingan kelompok adalah kegiatan kelompok yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok yaitu adanya interaksi saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran dan sebagainya. Teknik sosiodrama adalah suatu metode yang dilakukan dengan cara bermain peran, melalui sosiodrama setiap individu akan memiliki peran masing-masing untuk dimainkan, sehingga akan mempermudah siswa untuk memahami materi dengan baik melalui permainan peran tersebut. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa peneliti berupaya menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan penyesuaian diri pada siswa terhadap teman sejawat, 2. Memperoleh peningkatan penyesuaian diri siswa terhadap teman sejawat melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Penelitian ini didesain dengan menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan subyek 8 siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI 1 Pati yang memiliki penyesuaian diri rendah.Variabel penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dan teknik sosiodrama (Varibel Bebas) dan penyesuaian diri (Variabel Terikat).Analisis data dengan menggunakan data kualitatif deskriptif.Penelitian ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari I (3 pertemuan) dan II (3 pertemuan), setiap siklus 45 menit dan terdiri dari 4 tahapan.Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui penyesuaian diri sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil persentase 43% dengan kategori sangat kurang, selanjutnya siklus I pertemuan ketiga memperoleh persentase 64% dengan kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 21% dari pra siklus. Pada siklus pertemuan ketiga memperoleh hasil persentase 79% dengan kategori baik sehingga terjadi peningkatan 15%. Simpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sejawat pada siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI 1 Pati. Disarankan kepada: 1. Kepada Siswa, untuk terus dapat meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sejawat terutama di lingkungan sekolah. 2. Kepada Guru BK, dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama lanjutan untuk membantu siswa dalam meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sejawat. 3. Kepada Peneliti, diharapkan meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah secara professional. 4. Kepada Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana terhadap konselor sekolah agar dapat melaksanakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu berbagai permasalahan yang dihadapi oleh siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons, Dosen Pembimbing 2: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Layanan Bimbimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Apr 2021 21:21
Last Modified: 18 Apr 2021 21:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item